Friday, September 21, 2018

Efektivitas Penggunaan LCD Proyektor Dalam Proses Pembelajaran

ad300
Advertisement
Efektivitas Penggunaan LCD Proyektor Dalam Proses Pembelajaran
Media Pembelajaran adalah segala alat yang dapat digunakan guru atau dosen dalam menyampaikan pesan (materi pelajaran/kuliah) kepada penerima pesan yaitu peserta didik atau mahasiswa. Definisi ini menekankan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Dalam hal ini bila media adalah segala alat maka segala sumber daya alam dapat dikelola atau digunakan guru untuk menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik atau mahasiswa sehingga terjadilah belajar dalam diri peserta didik/mahasiswa.
Berdasarkan definisi di atas, LCD Proyektor belum dapat dikatakan media apabila tidak dipakai untuk menyampaikan pesan/pelajaran/materi kuiah dari pendidik kepada peserta didik. LCD Proyektor hanya sebagai alat. Alat ini dibuat untuk mengatasi masalah dalam kehidupan manusia. Demikian pula LCD Proyektor atau kita sebut saja “Proyektor”. Sebuah Proyektor dibuat dari sumber alam yang dikelola melalui proses berpikir ilmiah kemudian menghasilkan sebuah alat yang dinamakan LCD Proyektor. Alat atau teknologi adalah perjumpaan antara logi dan seni. Jadi, dalam alat adalah hasil logi dan seni/kerajinan atau kreativitas.
Kembali kepada Proyektor sebagai alat yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan atau isi materi pelajaran dari seorang guru dan dosen kepada peserta didik atau juga disebut mahasiswa. Ketika hal ini terjadi maka LCD Proyektor dapat disebut media. Disebut media karena media adalah segala alat yang dipakai untuk menyampaikan informasi dari pengirim kepada penerima informasi. Kehadiran LCD Proyektor dan pemanfaatannya dalam proses pembelajaran, tentu menolong guru mengefektifkan proses pembelajaran. Beberapa Proyektor yang sering digunakan dalam proses pembelajaran di Indonesia, bisa saja berasal dari luar negeri dan dalam negeri. Misalnya produk dari negara-negara lain seperti:

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat punya merek terkenal namanya Proyektor Sony
2. Produsen Proyektor Dunia seperti Optoma. Dirancang untuk kebutuhan nonton bersama keluarga di rumah.Bila Ada yang tertatrik silakan mencarinya di toko online.


3. Dll
Efektivitas Penggunaan LCD Proyektor dalam Proses Pembelajaran

Proses pembelajaran dimaksudkan untuk terjadinya proses perubahan dalam diri peserta didik. Maka penggunaan LCD Proyektor sebagai media pembelajaran efektif dalam beberapa aspek:
1. Mengefektifkan ranah kognitif
Melalui pesan yang diterima secara visual membuat peserta didik menganalisis apa yang mereka lihat. Daya berpikir dilibatkan didalamnya. Tidak ada yang melihat sesuatu tanpa berpikir. Sesuatu yang visual selalu diikuti dengan pikiran.
2. Mengefektifkan ranah psikomotorik
Efektivitas penggunaan LCD Proyektor sebagai media pembelajaran menolong peserta didik mencapai efektivitas pembelajaran dalam ranah ketrampilan.
3. Mengefektifkan ranah afektif
Demikian juga dalam ranah afektif. Melalui informasi visual, Peserta ddidik berusaha memberi perhatian yang serius kepada apa yang dilihatnya. Biasanya penggunaan LCD Proyektor sebagai media pembelajaran memberi pengaruh pada salah satu belahan otak manusia yang lebih bersifat instiutif. Itulah sebabnya penggunaan media memberdayakan dua belahan otak secara baik dalam proses pembelajaran.

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.