Saturday, September 22, 2018

Memanfaatkan 18 Produk Google dalam Gmail Untuk Efektivitas Pembelajaran

ad300
Advertisement
Bagaimana Memanfaatkan 18 Produk Google dalam Gmail Untuk Efektivitas Pembelajaran?
Mari kita kenali produk-produk google yang terintegrasi dengan gmail. Dalam gmail ada 18 produk google yang dapat dipakai untuk ragam keperluan. Salah satunya adalah dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mencapai tujuan pembelajaran, yaitu terjadinya perubahan dalam ranah kognitif. afektif, dan psikomotorik. Dalam rangka itu produk-produk yang terintegrasi di email gmail dapat kita pergunakan secara baik. Mari kita kenali 18 produk tersebut.


Namun kita perhatikan sejenak "Produk Baru Google", yaitu Apple CarPlay. Produk ini cocok bagi mereka yang punya mobil. Bila menggunakan Google Maps di Apple CarPlay maka ada 5 petunjuk yang mesti diperhatikan. Silakan log ke Produk Google kemudian ikuti lima langka praktis menggunakan aplikasi ini. Silakan kunjungi saja situs produk google.
. Ok sekarang kita masuk ke 18 produk google.

1. Akun Google
2. Telusuri
3. Maps
4. Youtube
5. Berita
6. Gmail
7. Kontak
8. Drive
9. Kalender
10. Google
11. Terjemahan
12. Foto
13. Documen
14. Buku
15. Hangouts
16. Keep
17. Google Kelas
18. Disimpan
19. Yang lainnya dicari di Google Produk

Penjelasan 18 Produk Google sebagaimana yang disebutkan di atas hanya dilakukan untuk bagian-bagian tertentu saja.

1. Akun Google.

Akun Google atau Google Akun adalah sistem yang dibuat Google secara terpadu untuk akses ke produk google seperti: 1) Gmail

2) Blogspot

Tanggal 24 September 2018, saya menggunakan fasilitas blogspot untuk Ujian Tengah Semester (UTS). Caranya sebelum ujian saya posting soal ujian. Kemudian saya memberi pasword. Ketika tiba ujian dimulai. Saya menggunakan Laptop dan Proyektor. Laptop yang saya pakai sudah terkoneksi dengan internet. Jadi, setelah semua kabael dipasang maka para peserta didik dapat memperhatikan soal ujian di layar maupun melalui Hand phone Android, Smartphone serta iPad, dan juga laptop. Peserta didik sangat antusias mengikuti UTS online tersebut. Setelah peserta didik mengerjakan soal kemudian dikumpulkan untuk dinilai oleh pendidik. Kemudian hasil penilaian itu dikembalikan kepada pesesrta didik. Selain itu kami menempuh UTS dengan sistem mengusung sistem kekeluargaan, yaitu pendidik membeli beberapa minuman seperti mahasiswa yang suka kopi dan susu, dibagikan kopi dan susu kemudian masing-masing mencari alat pembuat kopi dan susu, utnuk di minum pada saat mengerjakan soal-soal UTS.


3) Google Adsense (Publisher)
4) Google Ads (Advertising)
5) iGoogle
6) Google Group
7) Picasa
8) Webhistory
9) Adswords
10) dll

Jadi, Google Account atau Akun Google yang menyatu dalam gmail kita dapat diartikan sebagai sistem yang digunakan untuk log in ke produk google yang kita pakai. Saya biasa menggunakan beberapa gmail. Dan menariknya beberapa gmail yang kita miliki dapat menggunakan satu pasword. Namun demi keamanan harus berhati-hati agar tidak jebol dan digunakan oleh mereka yang memiliki niat jahat.

Penjelasan Point 9 yaitu tentang Adsword. Adword dapat saya jelaskan secara singkat. Google Adsword adalah layanan periklanan. Artinya mereka yang hendak mempromosikan produk dapat menggunakan Google Adword untuk menerbitkan iklan. Iklan tersebut kemudian muncul dalam website atau blog yang bekerja sama dengan Google sebagai Publisher seperti Program Google Adsense. Pada Program ini Google Adsense membayar situs atau blog yang menerbitkan iklan dengan sistem CPC atau CPM. Dalam hal ini Google Adsense membayar pemilik website atau blog yang menerbitkan iklan berdasarkan click yang falid atau juga berdasarkan Cost Per Mill. Pemilik website atau blog yang menerbitkan iklan Google Adsense disebut “Publisher Adsense.

2. Telusuri


Telusuri adalah salah satu produk yang terintergrasi dengan email dari Gmail yang kita miliki. Produk telusuri berfungsi untuk mencari informasi yang kita perlukan. Bila kita klik logo ikon telusuri dalam email dari gmail milik kita maka hasil klik itu akan membawa kita ke Google Penelusuran atau “Google Search”.
Lalu apa unsur efektivitas dari telusuri untuk pembelajaran. Yang jelas, kita mencari informasi melalui Google Penelusuran dan mendapat informasi yang kita butuhkan. Misalnya kita ingin mencari kata kerja operasional untuk Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator maka kita cukup klik ikon telusuri di Gmail kita. Kita tidak harus menutup jendela gmail untuk kemudian mencari lagi Google. Karena hal ini sudah diantisipasi oleh Google. Ibaratnya fasilitas sudah disatukan dalam satu rumah, bila diperlukan tinggal menggunakan. Selain itu, efektivitas Telusuri dari produk google juga menambah wasasan epistemologi kita (pengetahuan kita) tentang suatu teori pendidikan atau bidang umum dapat dilakukan melalui Google Penelusuran. Google Penelusuran adalah MEDIA EFEKTIF Dalam dunia Pendidikan, dan secara khusus dalam pembelajaran bidang studi atau mata kuliah.
Kita dapat memperkaya pengetahuan kita, psikomotorik kita dan afektif kita melalui Google Penelusuran. Misalnya seperti apa Pembelajaran Berpusat Kepada Peserta Didik dalam Kurikulum 2013 Edisi Revisi dan Kurikulum Berbasis KKNI yang menggunakan metode pembelajaran Jiqsaw dapat dilihat dalam You Tube dll.

3. Maps
4. You Tube
You Tube juga dibagi lagi dalam beberapa macam, yaitu:

a) You Tube
b) You Tube Music
c) You Tube TV
d) You Tube Kids
e) You Tube Gaming

You Tube adalah salah satu alat dari Google yang dapat digunakan secara gratis. Kita dapat merekam sebuah atau beberapa kegiatan pembelajaran seperti diskusi dengan metodeJiqsaw dan memasukan dalam You Tube yang sudah terintegrasi dengan gmail. Kita dapat menyimpan rekaman video melalui Handphone. Carilah Handphone yang memiliki vasilitas rekaman dengan camera yang terbaik. Karena merekam video dengan Hanphone itu akan terasa lebih sederhana, tidak ribet, tidak mengeluarkan biaya besar. Lebih bagus lagi bila kita memiliki handphone seperti Smartphone, Android dengan Camera yang ukurannya besar sehingga enak pula ditonton. Rekaman kita simpan di You Tube akan dibaca oleh semua orang di seluruh dunia. Dengan begitu kita telah berguna untuk orang banyak di seluruh dunia.

Jika dapat, maka kita dapat menggunakan kabel konektor yang menghubungkan Handphone ke Proyektor, kemudian hasil rekaman yang di upload ke You Tube dapat ditonton secara bersama di kelas. Pilih proyektor yang terbaik, proyektor yang multi fungsi, bisa dipakai di rumah dan di sekolah maupun dalam presentasi yang lain seperti Bisnis dll.
5. Berita
6. Gmail
Gmail adalah salah satu produk google yang berfungsi untu surat elektronik. Fasilitas ini dapat digunakan oleh siapa saja yang sudah berusia di atas 18 tahun. Para guru dan dosen serta siswa dan mahasiswa dapat menggunakan email dari gmail untuk tugas-tugas yang dikerjakan atau menggunakannya untuk surat-menyurat dengan keluarga maupun orang lain.

7. Kontak
8. Drive

Kita dapat menyimpan seluruh file kita dalam Google Drive. Bagi dosen yang sudah mengikuti SERDOS, dapat menyimpan file seperti: Absen mahasiswa, absensi dosen, Daftar Nilai, Bahan Ajar, Bahan Khotbah, Silbus, RPP atau RPS (Rencana Pembelajaran Semester). File bisa dalam bentuk word, powerpoint dan juga foto-foto. Kapasitas yang diberikan kepada pengguna free adalah 15 GB. Kapasitas ini sangat besar tentunya untuk menyimpan data. Dengan demikian GoogleDrive menjadi sebuah alat yang efektif untuk menopang proses pembelajaran. Para guru atau dosen yang menyimpan bahan ajar, baik yang berbentuk word maupun powerpoint tinggal membuka email ketika ada di kelas.Setelah itu digunakan untuk proses pembelajaran.Dengan demikian guru dan dosen tidak harus membawa buku-buku ajar maupun buku teks setiap saat mengajar ke ruang kuliah. Cukup saja melalui fasilita ini. Tetapi harus ada bahan yang kita simpan. Jika tidak maka tentu tidak bisa. Bahan-bahan yang ada di Google Drive seperti bahan ajar yang telah disimpan dalam power point dapat ditampilkan dengan menggunakan laptop dan LCD Proyektor. Bila ini dianggap ribet maka guru dan dosen dapat menempuh cara lain yang menggunakan Handphone untuk presentasi di ruang kuliah.
Kita dapat mempelajari cara menggunakan handphone dalam presentasi materi kuliah tanpa menggunakan laptop. Tentu kita membutuhkan sejumlah alat seperti:

1. Handphone yang memiliki fasilitas MHL seperti: Kabel MHL Micro USB untuk HDMI
2. Konektor Penghubung HDMI-KABEL Konektor Mini
3. Kabel HDMI untuk Handphone android
4. Kabel MHL Micro USB untuk HDMI
5. Konektor Penghubung (sama dengan poin 2)
6. HDMI-KABEL Konektor Mini

Setelah kita memiliki beberapa fasilitas di atas kita buat eksperimen untuk presentasi. Bila kita belum paham, kita cari di You Tube tentang cara presentasi dengan Handphone yang terhubung dengan Proyektor.


9. Kalender

Fasilitas ini dapat digunakan untuk melihat hari-hari biasa dan juga hari-hari yang berkaitan dengan kegiatan kita. Dalam Kalender Google, kita bisa mengisi data kita seperti Nama, Tanggal lahir dan kegiatan yang kita lakukan. Misalnya Membuat Kontrak belajar dengan mahasiswa, tanggal mengumpulkan tugas, UTS dan UAS. Kemudian ujian Skripsi, Tesis dan Disertasi, Kemudian Rapat, Janji dengan rekan kerja, jadwal mengajar di tempat lain, undangan mengikuti seminar, pembicara seminar. Semuanya kita dapat catat di Google Kalender. Jadi, fasilitas ini tentu memiliki nilai efektivitas dalam proses pembelajaran.

10. Google

Google pada awalnya merupakan karya dari Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Mereka adalah mantanmahasiswa program Pascasarjana Universitas Stanfor. Mereka berkolabarasi untuk mengembangkan sebuah alat yang kita sebut dengan teknologi canggih yaitu mesin pencari yang diberi nama BackRub yang digunakan dengan memanfaatkan server kampus. Kemudian tahun 1997, Larry Page dan Sergey Brin mengganti nama dengan “Googol”. Frasa ini merupakan istilah teknis matematika untuk menunjuk angka 1 yang kemudian diikuti dengan seratus angka (100 angka nol). Lalu nama Googol berubah menjadi Google karena para investor telah salah menulis nama Googol menjadi Google dalam cek. Selanjutnya kita kenal sekarang dengan nama Google. Silakan cari informasi lengkap tentang perubahan nama Googol menjadi Google dalam beberapa sumber seperti di di Kompas.com.
Google menjadi salah satu perusahan digital yang kemudian membeli beberapa produk menjadi miliknya seperti Blogspot. Google kemudian menjadi mesin pencari yang handal di dunia.

11. Terjemahan

Fasilitas ini dapat menolong siapa saja, khususnya para pendidik untuk menterjemahkan informasi dari bahasa lain ke dalam bahasa Indonesia. Seluruh bahasa dunia ada di fasilitas terjemahan. Kita tinggal menggunakan. Pasti fasilitas ini efektif untuk tugas dalam proses pembelajaran.
Msalnya istilah Latin “Curere” dan Kata “logos” (Yunani) dapat kita cari dalam bahasa Yunani dan Latin. Dengan demikian pengetahuan kita bertambah luas. Misalnya kita mencari arti kata “Illustro”, kata ini sesunggungnya berasal dari bahasa Latin. Oleh karena itu kita dapat menceknya di Google terjemahan dengan memilih bahasa Latin kemudian bahasa Indonesia. Maka kita akan melihat arti yang diberikan oleh Google terjemahan.
Sebaliknya membuat artikel dalam bahasa Indonesia dan diterjemahkan dalam bahasa-bahasa yang digunakan di dunia seperti Bahasa Portugis, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Bahasa Rusia, Bahasa Cina, Bahasa Argentina, Bahasa Mexico, Bahasa Yunani, bahasa Latin, Bahasa Belanda, dll

12. Foto
Fasilitas ini memungkinkan untuk menyimpan foto-foto pribadi, foto-foto untuk kegiatan pembelajaran, dll.
13. Documen
14. Buku

Saya baru mengetahui fasilitas ini. Padahal sudah lama saya gunakan gmail. Maklum saya belum membahas Produk Google sejak saya menggunakan email dari gmail sampai tahun 2018 ketika harus membahas Produk Google untuk diposting maka saya kemudian mencari informasi tentang produk dari Google. Kemudian hari ini, sabtu tanggal 22/9 2018 saya mempelajari lagi produk google, kemudian saya mencarinya di gmail saya. Lalu saya perhatikan produk Google yang ada dalam Gmail. Salah satunya adalah “buku”. Saya mencoba klik, hasilnya luar biasa yaitu fasilitas ini sama dengan google penelusuran tetapi khusus untuk buku. Jadi kalau mau cari buku apa yang lagi laris dipakai di seluruh dunia maka dapat diikuti di fasilitas Buku. Silakan klik ikon Buku di Gmail dan praktikkan buku apa yang anda suka dan carilah di Google Buku melalui fasilitas ini. https://books.google.co.id/bkshp?hl=id&tab=wp
15. Hangouts
16. Keep
17. Google Kelas
Fasilitas Google Classroom dapat kita pergunakan untuk membantu kelas berkomunikasi, menghemat waktu, dan tetap teratur. Bila mau digunakan fasilitas ini, para guru dan dosen dapat mempelajari lebih lanjut.

18. Disimpan

Kita dapat menggunakan fasilitas ini untuk menyimpan hal-hal yang perlu kita simpan di Google. Caranya kita cari bookmark di Google kemudian kita simpan di fasilitas simpan. Kita bisa log in kapansaja.

Kesimpulan:

18 Produk Google yang menyatu dengan email dari gmail yang kita miliki dapat diefektifkan untuk proses pembelajaran atas mata pelajaran atau mata kuliah yang kita asuh. Ada macam-macammata pelajaran, seperti: Matematika, Bahasa Indonesia, Sejarah, Bahasa Inggris, Entrepreneur, Hukum, Ekonomi, Teologi, Pendidikan, Fisika, Filsafat, Antropologi dan mata kuliah lain yang tidak sempat saya rinci disini. Tentu 18 produk ini tidak digunakan secara full, mungkin hanya beberapa saja. Misalnya email, Drive, Google Kelas, sedangkan yang lain mungkin suatu saat kita efektifkan untuk proses pembelajaran.
Produk Google yang lainnya dicari di Google Produk

Semoga bermanfaat


Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.