Tuesday, September 18, 2018

Efektivitas Hotel Bagi Guru dan Dosen

ad300
Advertisement
Mengapa membuat postingan tentang efektivitas Hotel Bagi Guru dan Dosen?
Bagi guru yang terbiasa mendapat perjalanan dinas, atau dosen yang sering terbang ke berbagai wilayah di Indonesia maupun di luar negeri, entahkan di Asia, Amerika, Canada, Eropa, Afrika dan negara-negara lainnya pasti tidak asing lagi dengan "Flights", "hotels" dan "Travel Guide". Dalam hal ini kalau di tempat tugas sehari-hari, guru dan dosen tidak perlu tinggal atau mengginap di Hotel. Menginan di hotel bila mengadakan perjalanan dinas yang berkait erat dengan tugas profesinya. Dalam hal ini, guru dan Dosen adalah sebutan untuk pekerjaan profesional di jalur pendidikan. Guru berkarya secara profesional untuk jalur pendidikan Dasar sampai menegah Atas. Sedangkan dosen untuk jalur pendidikan yang berbentuk Perguruan Tinggi seperti: Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik.
Kemudian dalam hubungan dengan judul artikel ini, seberapa efektif bicara soal hotel.Untuk menjawab bagian ini, saya ulas sebagai berikut.

Tim Akreditasi Sekolah.
Mereka yang melakukan Akreditasi Sekolah di tempat yang jauh, seperti di Jakarta, Jawa Barat, Semarang, Surabaya, Ujung Pandang, Manado, Ambon, Papua, Bali, NTT dan wilayah-wilayah lain sering harus menginap di hotel. Sekarang akreditasi dilakukan melalui sistem akreditasi online atau SAPTO (Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online). Jadi, dulu sebelum keluar sistem Akreditasi online, sekolah atau perguruan tinggi mencari hotel terdekat, kemudian menjemput di Bandara ke hotel dan setelah selesai Akreditasi, asesor di antar ke bandara dan selanjutnya asesor kembali ke tempat tugasnya. Sebuah pengalaman yang menyenangkan ketika kami menjemput asesor dengan menggunakan mobil sekolah. Setelah selesai tugas, kami antar ke hotel terdekat kampus. Kami sengaja mencari yang terdekat untuk menghindari macet.


1. Guru
Kapan bicara tentang hotel bagi seorang guru dan dosen. Jawabannya bisa banyak. Tapi umumnya yakni ketika guru mengikuti perjalanan dinas seperti mengikuti pelatihan seperti penataran kenaikan jabatan dll yang mengharuskan guru di tempatkan di Hotel agar mudah mengikuti acara sampai selesai.
Sering kali guru mendapat panggilan atau diutus oleh lembaga sesuai satuan pendidikan, untuk mengikuti seminar di Jakarta. Dulu ada teman saya dari wilayah Indonesia Timur, telpon saya untuk menjemput dia di Bandara Soekarno-Hatta. Ia ke Jakarta dalamrangka ikut pelatihan implementasi Kurikulum 2013. Mereka dilatih di Salah satu Hotel di wilayah DKI yaitu di Jakarta Pusat. Hotelnya berbintang. Saya menjemput kemudian membawanya ke Hotel tersebut. Disini seorang guru membutuhkan Hotel pada saat ikut pelatihan.

Sering juga ada undangan untuk guru teladan mengikuti acara tertentu, tentu guru membutuhkan Hotel. Kalau di Jakarta tentu hotel-hotel sangat banyak. Tinggal di pilih atau sudah ditentukan oleh panitia acara. Tinggal guru datang dan menginap selama beberapa hari di Hotel yang telah disiapkan panitia. Namun kalau belum ada, dan guru harus mencari sendiri Hotel maka bisa menggunakan informasi di Google.

Acara juga sering di adakan di wilayah-wilayah tertentu di Indonesia, seperti: 1. Manado
Sering juga di adakan acara-acara untuk Pendidikan di Manado. Para guru yang mengikuti acara di Manado harus mencari hotel atau datang di hotel yang sudah disediakan panitia di Manado.
2. Medan Saya pernah mengikuti acara dinas di kota Medan, acara dilaksakan di Hotel di Medan, yaitu di Hotel Antares. Kemudian saya juga pernah menginap di Hotel di wilayah Jalan Ginting. Nama lengkapnya saya sudah lupa. Hotelnya sangat baik.
3. Bandung
Saya juga pernah mengikuti acara dinas di salah satu hotel di wilayah Bandung. Beberapa pendidik dari berbagai daerah diundang untuk mengikuti pelatihan metodologi penelitian.
4. Semarang Ada banyak Hotel di Semarang, saya pernah ikut sebuah acara pendidikprofesional di sebuah hotel di simpang tiga Semarang, dekat Bandara.
5. Yogyakarta Di daerah ini ada banyak Hotel, saya pernah ke kali urang, sementara di kota Yogyakarta belum. Maksudnya menginap di hotel-hotel yang ada di kota Yogyakarta.
5. Surabaya
Saya punya pengalaman menginap di salah satu hotel di dekat Bandara Surabaya. Saya ikut acara yang diselenggarakan oleh salah satu instansi Pemerintah. Kami diundang untuk pelatihan tenaga pendidik yang bersertifikat pendidik. Ya saya melakukan pekerjaan saya dalam bidang swasta/pegawai swasta.
6. Bali.
Rekan-rekan yang sudah mengikuti acara di Bali dengan menginap di Hotel-hotel yang ada di Bali tentu memilik pengalaman terindah. Suatu saat isteri saya diutus oleh Yayasan di mana istri saya mengajar. Seluruh guru-guru dikirim menikmati masa liburan di Bali. Mereka menunjungi tempat-tempat wisata di Bali, seperti pantai-pantai di Kuta Bali. Menarik pemandangan yang sangat indah. Intinya di Bali banyak hotel-hotel yang dapat digunakan untuk acara dinas dll.

2. Dosen

Para dosen juga sering mengikuti undangan untuk pelatiahan, seminar, workshop dll.
Para dosen yang mengikuti acara dimaksud di atas, biasanya di tempatkan di hotel yang sudah disediakan panitia.Ada pula yang mengikuti acara tertentu dengan biaya penginapan di Hotel ditanggung lembaga pengutus.Untuk itu dosen harus mencari hotel di wilayah dimana dilaksanakan acara tersebut. Suatu saat saya berada di Ambon, kemudian seorang teman membawa saya untuk menginap beberapa hari di sebuah hotel di Kota Ambon. Demikian pula ketika saya berada di Balai Riam, saya mencari Hotel dan menginap selama 1 hari 1 malam di hotel. Kemudian melanjutkan perjalanan ke pedalaman.

Bila hari ini atau besok ada teman-teman dosen yang punya acara di Bali maka sangat beruntung karena dapat mencari promo seperti pemberian diskon. Bisa pesan online dengan pembayaran yang mudah. Tetapi jangan ke saya, ha ha ha. Tentu kepada pemilik Hotel atau melalui biro Jasa. Silakan cek di Google dan pergunakan jasa layanan online yang disukai untuk mempermudah mendapatkan kamar hotel di Bali.

Bagi Yang Diundang Ke Amerika, Kanada, Prancis, Australia, Korea, Singapur, Jepang, Filipina, Tiongkok, Tomor Leste. Dapat juga memilih hotel-hotel yang ada di dekat tempat acara.


Bagaimana dengan Perjalanan ke tempat acara

Sekarang tidak sulit karena ada penerbangan dalam negeri dan luar negeri. Semuanya begitu mudah kita peroleh. Kita bisa mencarikan tiket penerbangan berbagai jenis penerbangan dengan bermacam-macam pesawat yang ada di Indonesia. Demikian juga penerbangan dari Indonesia ke Negara-negara lain di Asia, Amerika, Eropa dan Australia. Kita dapat menggunakan maskapei penerbangan yang tentu memiliki tingkat kemanan yang terbaik.

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.