Sunday, September 23, 2018

Efektivitas Transportasi Online Bagi Guru dan Dosen

ad300
Advertisement
Apa kemudahan menggunakan "aplikasi ovo", dan aplikasi Ovo dipakai untuk bayar ojek online apa? Yang saya tahu dari teman dia pakai ovo untuk order ojek online mana yang cocok? Ada juga GPS Locker, tentu ini hanya untuk driver ojek online dalam mendapat pesanan atau orderan yang lebih cepat.
Keseharian saya biasanya dengan menghabiskan waktu 08.00 - 17.00 dengan kegiatan "mengajar". Namun ada waktu-waktu tertentu, tidak sepanjang hari mengajar. Ini berarti kegiatanku adalah kegiatan seorang pendidik. Sebagai seorang pendidik, saya membutuhkan layanan transportasi. Kini ada beberapa pilihan layanan transportasi online. Sering terjadi kejutaan yaitu "pihak penyedia jasa transportasi online seperti ojek online memberi promosi dengan harga yang super murah, seperti pengalaman saya berikut ini.


Hari jumat setelah selesai mengajar dan menyelesaikan beberapa tugas kantor, tepat jam 17.00 saya pulang ke rumah dengan memesan jasa layanan transportasi online. Namun karena Hp aku lowbet maka saya minta teman kantor memesan. Ia kemudian memesan Grab. Setelah itu grabpun menjemput saya, saya kemudian menggunakan jasa transportasi online untuk pulang ke rumah. Setelah tiba saya bertanya: Berapa ongkos, ia katakan Rp 5000,00. Mendengar mebayar Rp 5.000,00 tentu kaget karena murah. Lalu saya memikirkan betapa ber-untungnya zaman saya ini menggunakan jasa ojek online.

Hari ini, minggu 23 Septemebr 2018, ada teman mengadakan acara di kompleks gereja POUK Halim. Saya kemudian memesan ojek online, harganya cuma Rp 2.000,00 bertambah kaget saya. Ini layanan yang luar biasa. Saya kemudian menggunakan ojek online ke acara tersebut. Lalu ketika pulang, saya beraktivitas online di Google. Saya kemudian menemukan informasi, katakanlah pesan sponsor: "Bayar Grab pakai Ovo pasti lebih hemat". Saya penasaran, mungkin saya harus mencobanya.
Apa yang saya katakan tentang keinginan mencoba Bayar Grab pakai Ovo pasti lebih hemat" terjadi tanggal 23 September 2018. Artinya pada tanggal 23 September 2018, setelah saya posting tentang perjalananku menggunakan jasa ojek online dengan bayaran Rp 2.000, pada malam harinya yaitu tepatnya pukul 18.30, ketika saya hendak pulang dari sebuah acara syukuran keluarga di wilayah taman mini atau RTM ke rumah saya yang jaraknya di bawah 7 KM. Say5a berusaha memesan ojek online melalui hp Android yang saya miliki, yaitu Xiaomi Redmi Note, namun ada kendala yaitu kartu yang saya miliki nampaknya tidak terdeteksi sinyal, dengan demikian saya sulit mendapat koneksi ke layanan transportasi ojek online.

Pada waktu itu ada seorang teman yang dekat saya, dia menggunakan aplikasi dengan menggunakan Ovo, lalu di layar muncul angka Rp 1.000,00 lalu teman itu katakan kepada saya bahwa dia yang bayar menggunakan aplikasinya. Sayapun meminta terimakasih kepadatemanku, dan setelah itu, saya dibawa ke rumah saya. Setelah tiba di tempat saya, saya ucapkan terimakasih kepada yang membawa saya. Ya inilah kemudahan yang dinikmati di era teknologi janggih. Jadi, apa yang saya katakan siang hari, pada malam harinya saya mengalaminya. Ya saya harus menggunakan Ovo. Saya tidak terlalu mengerti tetapi saya harus mencobanya.

Lalu apa hubungannya dengan Google Apps?
Apps merupakansebuah aplikasi yang akan kita instal ke handphone kita. Seperti kita instal aplikasi pemesanan jasa ojek online. Disini perusahan jasa online tentu menggunakan apa yang disebut dengan Apps, ada yang disebut dengan mobile Apps. Dengan demikian kehadiran Google Apps tentu memberi kemudahan-kemudahan dalam ragam kemanfaatan seperti aplikasi yang digunakan oleh perusahan yang menangani jasa transportasi online dan juga pengguna jasa transportasi online. Untuk itu mari kita memperhatikan beberapa aplikasi yang ramah terhadap handphone.Aplikasi yang dimaksud yaitu:
1. Google App
2. Google Photos
3. Allo
4. Duo
5. Gmail
6. Google Trips
7. Mapps
8. You Tube
9. Google Express
10. Keep
11. Chrome
12. Drive
13. Calender
14. Docs
15. Sheets
16. Slides

Enam belas aplikasi di atas dapat kita dowload dengan klik dua pilihan yang tersedia pada setiap aplikasi. Pilihan yang saya maksud yaitu: Google Play dan Download App Store. Kita tinggal pilih, mau klik Google Play atau Download Apps Store. Jika kita klik Google Play maka kita akan dibawa kepada halaman Instal aplikasi, sebaliknya bila kita klik download Apps Store maka kita dibawa ke halaman preview untuk melihat aplikasi yang hedak kita download. Bila sudah cocok maka kita download ke Handphone kita untuk selanjutnya kita gunakan sesuai dengan fungsinya setiap aplikasi tersebut.

Tentang aplikasi App, ada mobile Apps untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah mencari jasa transportasi dengan menggunakan hnadphone, ada pula apps store (toko online yang menawarkan produk-produk dari para pemilik produk yang telah menitipkan aplikasinya untuk dijual oleh toko online seperti Amazone dll. Bila kita pandai membuat game maka kita buat dalam bentuk aplikasi Apps. Misalnya Google punya Apps yang disebut Google App. Ada pula Aplikasi app yang ditawarkan blogger profesional. Misalnya ada shalom apps.
Alangkah beruntungnya bila kita bisa membuat applikasi apps untuk iPhone, apps untuk Android, dan apps untuk iPad.



Ada aplikasi app yang dapat kita gunakan. Misalnya membuat Wallpaper dengan menggunakan aplikasi App. Ada pula situs yang sudah menyediakan program khusus untuk apps. Untuk itu kita bisa menggunakan App Google, dan juga app yang ditawarkan di Internet.

Saya ucapkan terimakasih kepada mereka yang sudah melayani secara baik melalui jasa pelayanan transportasi online.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.