Tuesday, September 4, 2018

Cara Efektf Memakai Laptop dalam Pembelajaran

ad300
Advertisement

Laptopku merek Hp,lalu laptopmu merek apa?
Sedikit cerita tentang laptop merek Hp yang aku miliki. Saya memiliki laptop merek Hp dengan cara Kredit pada tahun 2007. Kalum pada tahun itu agak sulit memiliki laptop karena harga laptop sangat mahal. Kira-kira Rp 7.000.000,00-an. Awalnya seorang mantan naradidik, orangtuanya berada (orang kaya) menawarkan kepada kami pembelian laptop dengan cara kredit. Sayapun menyetujuinya bersama beberapa teman. Kami waktu itu sebanyak 7 orang. Jadi, sang mantan naradidik itu mengusahakan 7 Laptop kemudian kami cicil selama 1 tahun dengan harga cicilan Rp 700.000,00. Akhirnya kami pun memiliki laptop. Laptop tersebut kami gunakan untuk menopang aktivitas, khususnya aktivitas mengajar.

Laptop tersebut kini masih saya gunakan untuk aktivitas saya di rumah dan juga mengajar. Namun beberapa bulan terakhir ini, yaitu bulan Juni sampai september 2018 hanya bisa digunakan di rumah. Saya tidak dapat membawa ke ruang kelas karena kondisi laptop tidak memungkinkan untuk buka tutup. Hal ini disebabkan karena salah satu ring dari bagian kiri yang menopang layar laptop ketika dibuka maupun ditutup dalam kondisi patah. Pernah saya bawa untuk diperbaiki oleh mereka yang punya kecakapan untuk memperbaiki laptop.

Saya bermaksud untuk sekaligus mengganti casing laptop dan perbaiki koneksi internet. Tombol koneksi internet yang selalu saya pakai untuk menghidupkan dan mematikan dengan cara menekan, alat tersebut tidak berfungsi lagi. Lampu yang biasanya menyala (tanda koneksi internet dengan wifi tidak menyala ketika di tekan). Setelah dibawa ke tempat service dan diutak atik selama berjam-jam, sang tukang service menyatakan tidak bisa memperbaiki koneksi internet karena alat yang berfungsi untuk koneksi dengan wifi sudah tidak berfungsi.Jadi, cara satu-satunya yakni saya harus mengganti alat tersebut. Tukang service menyatakan bahwa alat tersebut hanya ada di rumah. Oleh karena itu ia meminta kepada saya untuk membawa laptop saya ke rumahnya. Saya kemudian menjawab, biarkan saja. yang penting diinstal wordnya dari laptop untuk saya gunakan mengerjakan tugas-tugas di rumah. Ia kemudian menginstal word sebagaimana yang saya pinta padanya.

Saya kemballi ke rumah dengan sedikit kecewa karena saya tidak bisa internet, khususnya berurusan dengan blog. Saya tidak dapat merasa nyaman kalau dalam sehari saya tidak berinternet, khususnya postingan di blog. Mungkin kondisi ini disebabkan karena saya sudah terbiasa berjam-jam di depan laptop dan otak-atik blog. Kadang saya membuat blog khusus untuk bahan ajar online, membuat blog yang bertema-tema umum dan lain-lain. Pokoknya saya maniak dengan blog. Rasa maniak blog tentu dalam konteks yang sesuai dengan bidang mengajar.

Kembali kepada cerita laptop merek Hp di atas. Saya pulang dari tempat service kemudian saya simpan kembali laptop tersebut di lemari. Saya biarkan beberapa minggu bahkan bulan. Kemudian tanggal 1 September 2018 saya mengambil laptop tersebut dan letakkan di meja. Saya bertindak membuka laptop tersebut dengan harapan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Hasilnya luar biasa, dalam keyakinan saya, saya katakan Puji TUHAN. Setelah saya membuka secara perlahan-lahan agar patahan laptop tidak bertambah parah, saya membuka dan menghidupak laptop. Laptop berhasil dinyalakan. Kemudian saya mulai menekan lampu konektor internet (wifi) yang ada pada laptop dengan harapan agar TUHAN menolong saya agar sekiranya lampu koneksi wifui bisa berfungsi lagi. Hasilnya di luar dugaan, saya menekan lampu konektor wifi ternyata hasilnya lampu konektor tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya yaitu menyala dan langsung tersambung dengan wifi dari Indihome yang saya pakai di rumah.

Saya sulit menjawab kasus ini. Apakah mujizad atau ada semacam proses sistem dalam laptop merek Hp. Saya belum tahu. Namun yang pasti saya sangat senang karena saya dapat menggunakan laptop untuk internetan dan otak-atik blog yang saya miliki. Aneh tetapi nyata. lampu konektor wifi yang sudah difonis oleh dokter laptop dengan penelilian stadium tidak bisa dipakai, mesti diganti alat. tetapi ternyata bisa hidup kembali. bagi rekan-rekan yang ahli dalam teknologi dapat menjelaskan kejadian ini.

Sekarang saya masuk pada pembahasan Cara Efektif Memakai Laptop dalam Pembelajaran.


1. Membuat Komitmen Menggunakan Laptop dalam Proses Pembelajaran.

Komitmen disini yaitu keputusan hati untuk hanya menggunakan laptop untuk proses pembelajaran. Bila seseorang sudah memutuskan dalamhatinya bahwa ia menggunakan laptop hanya untuk pembelajaran maka cobaan untuk mengakses informasi di luar informasi pengajaran tidak perlu dilakukan ketika sedang ada dalam ruang kelas. Seringa muncul keinginan untuk membuka facebook, chatting dan lain sebagainya yang menyebabkan konsentrasi terbagi. Terbaginya konsentrasi belajar tentu berpengaruh secara serius terhadap prestasi belajar. Oleh karena itu komitmen menggunakan laptop perlu dijaga dan dijalankan secara bertanggungjawab.

2.Jangan menjadikan diri sebagai Hamba Laptop

Sering terjadi bahwa mereka yang sudah terbiasa menggunakan laptop akan kehilangangairah belajar bila laptopnya terganggu atau rusak. Usahakan tetap terkendali keseimbangan diri kita. Ada atau tidak adanya laptop, kita harus bisa melakukan aktivitas kita, khususnya aktivitas proses pembelajaran. Aktivitas proses pembelajaran tidak boleh bergantung pada tersedianya laptop. Bila hal ini terjadi (ketergantungan pada laptop) maka kita menjadikan diri diperbudak laptop. Laptopnya hanya sekadar benda, tidak punya kuasa menaklukkan kemauan kita. Kitalah yang menjadikan diri seperti itu. Oleh karena itu bila ada laptop maka gunakan secara baik untuk mendatangkan perubahan dalam aspek kognisi, afektif dan psikomotorik. Pengetahuan yang kita peroleh dari sumber-sumber online melalui laptop yang terkoneksi dengan internet akan memudahkan kita mendapatkan informasi pembelajaran pada materi pelajaran yang sedang kita pelajari.

3. Memanfaatkan Laptop sebagai alat/media pembelajaran

Alat berbeda dengan media. Media adalah segala alat yang dipakai untuk menyampaikan informasi (pelajaran), sedangkan alat adalah salah satu bagian atau keseluruhan sumber daya alam yang dimanipulasi oleh manusia untuk kemudian dipakai manusia mengatasi masalah yang dihadapi. Dalam hal ini muncul konsep dan alat. Alat sebagai bagian dari hasil berpikir, dan kemudian alat itu dipakai untuk menyampaikan pesan/informasi/materi pelajaran dari guru kepada peserta didik.
Alat ini dalam istilah teknis pembelajaran disebut teknologi pembelajaran. Jadi, kehadiran laptop sebagai alat tentu menguntungkan setiap orang, khususnya para warga pembelajar (Guru, dosen, para peserta didik/mahasiswa) tetapi juga semua orang. Tidak ada satu manusiapun yang tidak belajar. Belajar itu dilakukan sepanjang hidup. Kehadiran Laptop sebenarnya dapat digunakan untuk menjadi media pembelajaran. Efektivitas itu terletak pada bagaimana kesadaran setiap orang menggunakan laptop dalam dunia pendidikan.

4. Bersedia Memanfaatka setiap Merek Laptop untuk Proses Pembelajaran

Kecintaan kita terhadap Laptop dengan merek-merek tertentu yang kita senangi tidak harus membuat kita terhalang atau enggan menggunakan laptop merek lain untuk kepentingan proses pembelajaran. Sering terjadi cinta merek mempengaruhi seseorang untuk hanya mencintai satu merek laptop. Misalnya saya sangat senang dengan merek Laptop Hp. Hal ini terjadi karena pengalaman berthun-tahun menggunakan Laptop merek Hp.

Berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakan Laptop merek Hp, yaitu:
1. Mutu atau kualitas. Coba bayangkan, saya menggunakan Laptop ini sejak tahun 2007 sampai 2018. Kualitas atau mutu menjadi faktor utama dalam memilih dan menggunakan produk-produk tertentu. Mutu atau kualitas dapat didefinisikan dalam beragam pengertian tetapi mutu dapat diartikan produk yang dibutuhkan pasar, atau mutu adalah keluaran produk yang sesuai kebutuhan. Mutu juga meliputi daya tahan produk tertentu dalam waktu yang relatif lama. Misalnya bangunan-bangunan peninggalan zaman Portugis, Belanda di beberapa wilayah, khususnya bangunan Sekolah dan beberapa fasilitas sosial seperti Rumah Sakit dan juga bangunan hasil peninggalan Belanda. Kita dapat melihat beberapa bangunan yang bertahan kokoh berabad-abad. Ketika saya kuliah di Semarang, saya sering menggunakan Kereta Api dari Jakarta-Semarang dan Semarang-Jakarta. Saya memperhatikan beberapa bangunan lama yang kualitasnya sangat bagus, termasuk beberapa bangunan dari Stasiun Kereta Api Semarang. Kadang juga kita belajar kualitas produk dari sepeda peninggalan zaman Belanda. Kualitasnya berbeda dengan sepeda zaman sekarang. Tentu bangsa Indonesia juga mulai bangkit dalam hal produk-produk yang berkualitas.
Salah satu negara di Asia yang memperhatikan kualitas produk adalah Jepang. Hal ini sesuai dengan semangan yang dikembangkan oleh Edward Deming.
2. Bentuknya tipis
Saya suka dengan bentuk kaptop merek Hp. Tampilan bodinya juga saya suka, demikian pula warna Laptop juga cocok dengan salera saya.
3. walaupun kondisinya patah tetapi masih dipakai
Saya sangat menyukai kualitas. Ternyata laptop ini walaupun patah tetapi masih bisa dipakai di rumah. Saya bisa pakai untuk membuat bahan ajar, karya tulis, dan membuat blog yang dipakai untuk kepentingan umum maupun di dunia pendidikan.

Tentu kini kita menghadapi berbagai produk laptop, kita tinggal pilih yang sesuai dengan salera dan kapasitas kantong kita untuk memiliki Laptop.

Semoga bermanfaat.
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.