Thursday, September 13, 2018

Sukses Mendaftar Menjadi Publisher Google Adsense

ad300
Advertisement
Apa itu Google Adsense dan Publisher Google Adsense?
Secara sederhana Google Adsense adalah layanan iklan Google. Melalui iklan yang ada pada google yang berasal dari ragam sponsor di seluuruh dunia maka google membuka sebuah layanan yang disebut dengan "publisher Google adsense". Arti dari kata ini yakni orang atau pemilik blog dan situs profesional yang menerbitkan iklan di blog atau website. Mereka inilah yang disebut publisher Google Adsense. Menariknya Adsense Google paling nyaman untuk situs atau blog kita. Kita tidak perlu memikirkan firus yang akan menyerang atau menghantar virus ke komputer lain karena program iklan yang ada di situs atau blog kita. Saya sendri membuktikannya melalui blog ini. Blog saya enteng di klik karena menerbitkan iklan di blog. Pihak layanan dari GA juga sering menawarkan model iklan yang tidak dapat memberatkan loading blog. Indahnya lagi, setiap postingan yang memenuhi standar, katakanlah di atas 300 kata dan bersifat artikel yang dibutuhkan pengunjung dan sponsor maka iklan akan cepat muncul. Seperti memasang iklan Native Google Adsense. Mari mencoba keberuntungan dengan sukses menjadi publisher GA.
Selanjutnya sebelum melanjutkan postingan ini, mari kita berfilsafat terhadap Google. Berfilsafat itu berarti bertanya dan mendapat kebenaran atas relaitas berikut ini yang dikemas dalam bentuk Pertanyaan berikut ini. 1. Apa itu Google Adsense APK?
2. Apa itu You Tube Studio?
3. Apa itu Google Analytics?
4. Apa itu Google Ads?
5. Apa itu Google Adsense?
6. Apa itu Google Play Store?
7. Apa itu PayPal Cash App?
8. Apa itu Google Opinion?
9. Apa itu Google Bisnisku?
10. Apa itu Google Play Store?
11. Apa itu You Tube?
12. Apa itu Google Chroome?
13. Apa itu Maps Navigasi?
14. Apa itu Gmail?
15. Apa itu Google?
16. Apa itu Google Adsense?
Saya mulai dengan jawaban atas beberapa pertanyaan berikut?


1. Dari mana tahu?

Saya tidak tahu sejak kapan pembaca secara personal mengetahui adanya Google Adsense. Menurut Wikipedia, Adsense sendiri mulai tahun 2003 di Negara asal Google yaitu Amerika Serikat. Awalnya Google Adsense di tawarkan kepada publik dalam bahasa Inggris. Artinya siapa saja yang mengikuti program Adsense dari Google harus menulis artikel dalambahasa Inggris. Dalam wikipedia dijelaskan bahwa “sejak 1 Februari 2012, Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia hanya didukung untuk unit AdSense for Search saja. Kini AdSense for Content mendukung 36 bahasa negara di dunia.” (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/AdSense)
Berdasarkan informasi ini maka ada yang mengetahui Google Adsense sejak Google memasuki area Indonesia, terlebih lagi pada tanggal 1 Februari 2012 mereka yang tahu dan menjadi publisher Google adsense, dapat mendaftarkan blog yang berbahasa Indonesia.

Saya sendiri sudah mengenal Google Adsense sejak 2007, namun untuk mengikuti program Adsense, blog harus dalambahasa Inggris. Saya mencoba mendaftar tetapi ditolak karena waktu itu (2007) GA belum mendukung peserta dalam Bahasa Indonesia.

Jadi, saya tahu Google Adsense melalui mesin pencari yaitu Google tahun 2007. Kemudian berdasarkan informasi itu saya mencari buku-buku yang membahas tentang GA. Hal itu saya lakukan pada tahun 2010. Saya lakukan secara serius pada bulan April 2010. Setiap pulang kantor, saya menggunakan modem dengan menggunakan kartu perdana M2 untuk mengakses informasi tentang menjadi publisher GA.

Tahun 2010 sekitar bulan Mei saya mencari buku tentang blog di toko buku gramedia, saya kemudian menemukan buku dengan topik: Ngeblog Emang Bisa Kaya? Memebuat Blog Gratis Anda menjadi Mesin Uang yang dapat menghasilkan jutaan rupiah per bulan.. Buku ini ditulis oleh W3hoL dan diterbitkan tahun 2009. Satu tahun kemudian saya membelinya di Gramedia.
Dalam buku ini menjelaskan tentang bagaimana menghasilkan uang melalui blog gratis. Saya punya beberapa blog namun semuanya dalam bahasa Indonesia. Saya mencoba mendaftar tetapi ditolak.

Saya kemudian mendaftar jadi publisher dan reseller serta affiliate di beberapa situs. Saya mendaftar menjadi reseller (menjual ulang produk orang lain). Situs yang saya ikuti dibuat oleh seorang anak bangsa yang berusaha mengembangkan sikap jujur dalam dunia online. Dari dia saya belajar bahwa masih ada yang memiliki kejujuran dalam dunia online. Produk yang saya beli dari dua situs yang menawarkan tentang program Reseller dalam bentuk e-book. Dalam ebook itu ada juga pelajaran tentang bagaimana menghasilkan uang melalui membuat website termasuk blog gratis. Berdasarkan pelajaran yang saya dapat dari ebook, saya mulai membuat blog yang mengarah pada penghasilan online. Artinya usaha ke Adsense dari Google sedikit menurun. Saya lebih banyak fokus pada bagaimana membuat produk sendiri dan ditawarkan melalui blog. Hasilnya luar biasa dan bertahan sampai hari ini. Namun ada pasang surutnya. Ada kalanya ada pesanan tetapi kadang juga lesu (tidak ada peminat).

Berdasarkan penjelasan di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa saya mengenal Google Adsense melalui: (1) Mesin Pencari yaitu Google, (2) melalui Buku-buku yang membahas tentang penghasilan online melalui Blog. (3) melalui situs-situs yang menawarkan program reseller. Tiga sumber ini menolong saya dalam mengetahui GOOGLE ADSENSE.

2. Mengapa Mempelajari Google Adsense

Saya mempelajari Google Adsense karena ingin mewujudkan penghasilan online melalui program Cost Per Click (CPC), CPM dan lain-lain yang dikenal dalam Adsense miliki Google.

3. Berapa lama Mempelajari Google Adsense?

Saya mempelajari dan berjuang mewujudkan cita-cita menjadi publisher Google Adsense dalam waktu yang relatif panjang (lama). Coba bayangkan, sejak 2007 saya kenal dan mendaftar tetapi ditolak karena blog saya dalam bahasa Indonesia. Namun sejak 2012, blog berbahasa Indonesia bisa didaftarkan dalam program Adsense kepunyaan Google.

Jadi berapa lama mempelajari GA, saya katakan sejak 2007 hanya sekadar mencoba keberuntungan, kemudian tahun 2010 berjuang secara serius namun beberapa blog yang didaftarkan ditolak. Didaftarkan lagi ditolak. Diperbaiki lagi dan diajukan namun hasilnya sama yaitu ditolak.

4. Mengapa Tertarik Menjadi Publisher Google Adsense?
Saya sudah katakan dalam jawaban di atas, namun saya ulangi lagi. Saya terarik menjadi PUBLISHER GOOGLE ADSENSE karena:

4.1. Ingin punya penghasilan online dan GA adalah pilihan yang tepat
4.2. Blog nampak estetis karena kehadiran iklan dari GA
4.3. Beberapa tampilan iklan GA saya sukai
4.4. Ingin berbagi pengalaman dengan orang lain


5. Apakah Gampang atau Sulit Mendaftar di Google Adsense?

Nah ini pertanyaan yang menarik. Awalnya berdasarkan pengalaman ditolak berkali-kali sejak mengajukan blog untuk ikut serta dalam barisan Publisher GA pada tahun 2010 namun tetap ditolak. Pengalaman ini sebenarnya tidak akan terjadi berkali-kali penolakan jika saja sejak mendaftar pertama saya ikuti kebijakan GA, yaitu tidak boleh memiliki akun lebih dari 2. Saya karena semangat melihat iklan yang muncul pada saat mendaftar maka tanpa sadar, saya mendaftar lagi blog lain yang berbeda email. Berdasarkan pengalaman ini, setiap saya mengajukan permohonan selalu ada jawaban: permohonan yang dijawab ada pada email lain. Kemudian Google memberi saran perbaikan tetapi karena belum mengerti secara baik maka saya perbaiki seadanya dan mengajukan lagi namun jawabannya yaitu ditolak. Hal ini berlangsung dari 2010 sampai bulan Agustus 2018. Saya katakan bulan Agustus 2018 karena pada bulan Agustus permohonan saya berhasil diterima. Berdasarkan pengalaman ini kemudian saya menyimpulkan bahwa mendaftar jadi Google Adsense itu sangat sulit untuk diterima. Paradigma ini saya miliki sampai tahun 2018.

Namun semangat berjuang atau lebih tepat semangat entrepreneur saya terus bergelora, ditolak tetapi tetap berusaha untuk maju sampai perjuanganku berhasil. Tahun 2018, saya memutuskan menutup akun GA, dan saya menulis artikel sukses menutup akun GA dan berusaha menatap harapan ke depan bahwa mentari pasti muncul di ufuk Timur (maksudnya diterima Google Adsense). Ada tiga email yang saya daftarkan, 1 email saya sudah tutup sebelum 2018, sedangkan beberapa yang lain yang sempat berhubungan dengan email saya seperti akun istri dan anak. Saya kemudian menutup semuanya. Yang ditutup itu akun GA sedangkan emailnya masih tetap dipakai untuk kepentingan surat elektronik. Email yang sudah ditutup tidak bisa dipakai dalam GA yang baru, Jadi harus mendaftar dengan akun email yang baru. Saya menutup semuanya supaya ketika mendaftar yang baru tidak ada hubungan dengan email lain yang masih terdaftar di GA yang terkoneksi dengan email saya. Termasuk akun Admob juga saya tutup.

Setelah saya menutup akun, saya mencoba memeriksa blog saya yang lebih banyak pengunjung, akhirnya saya menemukan bahwa blog Efektivitaslah yang paling banyak pengunjung. Ada yang lebih banyak yaitu 250.000 pengunjung tetapi sudah pernah didaftar tetapi ditolak berkali-kali akhirnya saya tutup permanen. Bisa dibuka lagi tetapi harus dengan email baru. Namun saya belum tahu bagaimana cara merubah email dari blog dan juga memindahkan nomor akun. Jadi saya tidak lakukan itu.

Saya kembali menceritakan tentang fokus membangun blog pasca saya menutup akun GA. Saya fokus memperbaiki blog efektivitas (blog ini), mulai dari mempersiapkan tombol navigasi yang fast loading, penataan tombol navigasi yang memudahkan pengunjung mengakses artikel blog, membangun kualitas artikel blog, membuat sitemap. Mempertahankan beberapa fitur dalam blog yang dianggap sesuai dengan kebijakan Google seperti Post Puler, Google Plus, Arsip Blog, laman blog. Saya menggunakan template blog pihak ketiga yang SEO Friendly, Ada tombol Navigasi di header Blog. Template itu namanya evendly. Saya suka template ini. Beberapawidjed bawaan blogspot saya tidak tampilkan. Yang saya tampilkan seperti Post Populer, lainya mengikuti tampilan template Evendly. Saya memposting artkel dengan jumlah kata di atas 500, bahkan ada yang diatas 1000 kata. Dalam satu hari saya memposting 3 artikel, tetapi kadang juga 6 postingan disertai dengan gambar-gambar yang saya ambil secara free dari pixabay. Artikel berjumlah di atas 100 postingan. Bayangkan setiap artikel saya percantik dengan gambar yang sangat baik dan cocok dengan tema artikel, gambar atau foto-foto dari pixabay. Saya lakukan hal ini karena informasiyang saya dapatkan di internet, yang disampaikan rekan-rekan blogger yang sudah sukses diterima, katanya google Adsense senang dengan artikel yang diperjelas dengan gambar, khususnya foto-foto yang asli. Setelah postingan,blog nampak sangat bagus, menarik pengunjung. Blog mengalami lonjakan pengunjung. Satu hari bisa dapat 1000 pengunjung.

Walaupun sudah selesai, saya tidak mau cepat cepat mendaftar, saya biarkan 3 bulan sejak penutupan akun. Setelah itu bulan Agustus saya mendaftar. Saya yakin betul bahwa blog saya pasti diterima. Beberapa hari kemudian saya mendapat jawaban. Blog saya ditolak karena terlalu banyak gambar. Blog seperti ini cocok untuk mendaftar melalui Youtube. Saya kemudian menghapus seluruh gambar dan menyisahkan beberapa gambar di blog. Termasuk gambar di artikel populer/post puler. Setelah itu saya ajukan. Namun jawabannya ditolak karena mereka tidak menemukan blog saya dalam pencarian oleh robot GA. Saya kemudian membuka Google webmaster untuk mengaktifkan kepemilikan blog. Setelah itu saya perbaiki tombol navigasi yang menurut GA membingungkan pengunjung. Saya dapat membenarkan karena saya memasang dua sitemap yang saya anggap sangat baik dan bersifat SEO Friendly. Namun saya merubahnya. Yang satu saya beri nama Tombol Navigasi dan tetap saya tempatkan di header blog, sedangkan yang satunya saya satukan pada tombol yang lain dengan memberi nama artikel Blog pada dertan tombol navigasi Produk Google.

Setelah memastikan semuanyasudah siap, saya daftar ulang pada malam hari pukul 22.00, saya kemudian menunggu beberapa jam dan mengecekemail siapa tahu sudah ada jawaban. Ternyata belum ada. Saya kemudian memutuskan untuk tidur. Paginya sekitar jam07.00 saya cek email, namun belum ada jawaban. Saya kemudian mandi dan bersiap ke Kantor. Sesampainya di kantor saya membuka email tetapi tetaphasilnya sama. Saya kemudian membiarkan untuk tidak memeriksa email. Ketika hendak bersiapuntuk pulang ke ruman karena sudah selesai jam kantor yaitu jam 17.00. Saya tergerak untuk memeriksa email. Ketika saya membuka email, saya mendapatkan informasi bahwa permohonan saya disetujui. Mereka ucapkan selamat datang karena kini blog saya sudah terhubung dengan iklan Google Adsense. Saya sangat bahagia. Rasa bahagia karena perjuangan saya sangat lama yaitu mulai 2010 dan baru diterima 2018. Kata kuncinya bila blog sesuai kebijakan Google maka cepat diterima, tidak terlalu sulit diterima. Namun bila blog kita ditolak maka perhatikan perbaiki dan ajukan lagi. Perhatikan secara baik apa yang disarankan dalam balasan email kita. Kemudian perbaiki dan ajukan lagi. Bila diperbaiki sesuai dengan kebijakan Google Adsense maka pasti diterima. Ya jika teman-teman sertakan foto dalam artikel maka saran saya jangan terlalu banyak foto di blog. Apalagi seperti puna saya, 100 artikel masing-masing memiliki 1 gambar, dan itu nampak ketika mengakses blog. Oleh karena itu bila teman-teman punya blog yang artikelnya sangat banyak,katakanlah 100 artikel maka hapus beberapa foto kemudian pertahankan beberapa saja. Saya yakin blog Anda pasti diterima.

Jadi Apakah Gampang atau Sulit Mendaftar di Google Adsense? Jawabanyan bila blog yang diajukan isinya sesuai kebijakan GA maka sebenarnya tidak sulit untuk diterima. Namun bila tidak sesuai maka sangat sulit diterima Google Adsense. Bila ditolak tetap bersemangat seperti yang saya alami. Bagaimana pengalaman Anda? Ditolak berapa kali dan berapa lama Anda berjuang? Silakan memberi komentar di kolom komentar.

Semoga memotivasi semangat perjuangan
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.