Friday, August 17, 2018

3 Produk Google yang Efektif Aku Pakai Sejak Kenal Google

ad300
Advertisement
PENDAHULUAN

Google mempunyai banyak produk. Produk-produk google itu telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Penggunaan produk google bergantung pada tujuan seseorang. Bila seseorang ingin menulis dan mempublikasi pengalaman hidupnya, pengalaman perjalanan, pekerjaan seperti karier kerja, kegiatan sebagai guru dan siswa, dosen dan mahasiswa, ibu rumah tangga, atau siapa saja yang mau menggunakan produk-produk google yang bertebaran di internet. Kita tinggal cari dan menggunakan sesuai kebutuhan.
Saya sejak mengenal 3 produk google, yaitu email dari gmail.com dan blog dari platform blogspot.com yang diperkenalkan oleh seorang teman di bawah pohon pada tahun 2008. Mengapa di bawah pohon karena ada situasi tertentu yang memaksa kami untuk menyelenggarakan sebuah proses pendidikan di langit terbuka dan dibawah pohon di taman Cibubur. Oleh karena itu maka tenaga pendidik biasanya datang dan kadang kami duduk dibawah pohon disamping tenda mahasiswa. Sejak saat itulah saya diajari oleh seorang teman pendidik cara membuat email dari gmail dan membuat blog dari blogspot. Dua produk ini adalah milik Google yang adalah perusahan raksasa yang mendunia.
Mengapa saya menggunakan 3 produk google tersebut dengan setia sampai sekarang dan selama aku hidup dan berkarya. Alasannya dapat ditemukan dalam artikel berikut ini.


3 PRODUK GOOGLE yang Efektif Aku Dipakai

Sebelum saya menjelaskan dua produk yang saya pakai, saya mesti menjelaskan bahwa produk-produk lain dari google juga aku pakai, seperti: Google Drive, Google Doc, Google Android dll. Namun yang lebih sering saya gunakan dalam keseharian saya yakni:

1. Gmail
2. Blogspot
3. Android

PEMBAHASAN 1. email dari Gmail.com

Ada banyak pilihan platform untuk membuat email tetapi saya begitu setia dan akrab dengan email dari gmail.com
Ketika saya tahu bahwa gmail adalah produk dari google atau yang punya gmail adalah Google maka saya lebih sering menggunakan gmail untuk keperluan surat elektronik maupun keperluan ngeblog (menulis dan publis di blogspot). Pembuatan email dari gmail juga sedemikian mudah, bila kita lupa pasword maka kita bisa minta ke gmail.com dan kita akan membuat pasword baru. Selain itu aku suka gmail karena proteksinya begitu ketat. Tentu ini menjadi suatu hal yang membuat kita lega. Kita tidak harus takut berlebihan bila di manfaatkan oleh orang lain. Intinya bila ada aktivitas di laptop lain atau komputer lain yang berusaha masuk ke akun kita maka kita langsung mendapat pemberitahuan keamanan melalui email kita. Hal ini menolong kita untuk mengantisipasinya.
Faktor lain yang membuat aku semakin betah di gmail yaitu membuat blog dengan email gmail tentu sangat mudah. Kemudahan ini disebabkan karena produk ini adalah milik Google. Ada fasilitas Google plus yang membantu kita untuk memfiralkan atau mempromosikan artikel kita selepas kita memposting artikel. Fasilitas ini sudah menyatu dengan google. Oleh karena itu ketika kita membuat blog dan memposting artikel, kita bisa menggunakan google plus. Caranya juga gampang, yaitu kita tinggal aktifkan google plus di setiap blog yang kita buat sehingga setiap artikel yang kita buat otomatis disebarkan ke mesin pencari google oleh google+.
Dalam gmail sudah menyatu beberapa fitur seperti: Youtube, maps, berita,kontak, drive, kalender, google+, Google translate, foto dll. Fasilitas ini secara gratis disediakan oleh google untuk digunakan oleh pemilik email Gmail.

Saya juga menggunakan email untuk tugas-tugas peserta didik,membuat kuiz dengan fasilitas google doc/google drive yang ada di gmail. Selain itu bisa gunakan email untuk koreksi skripsi mahasiswa dan mengirimnya melalui email. Dengan adanya email seperti ini sebagian tugas menjadi lancar.
Gmail juga bisa digunakan untuk meraih penghasilan online. Kita bisa menawarkan bakat atau kemampuan yang ada pada kita seperti menawarkan jasa tutorial dan lain-lain yang memberi peluang mendapatkan penghasilan online. Bagian ini kita bisa kerjakan di rumah. Pengalaman saya menunjukkan demikian. Saya kadang memanfaatkan waktu di rumah dan waktu libur untuk menghasilkan penghasilan online dengan menggunakan fasilitas seperti gmail dan blog. Ini berati gmail dapat digunakan untuk kepentingan bisnis. Seperti Bisnis online dalam program Affiliate dari dalam dan luar negeri. Misalnya kita hendak menjadi affiliate dari Amaozone dan program affiliasi lainnya, klickbank dan lain-lain, kita dapat menggunakan email dari gmail. Menjaul produk sendiri seperti: Menjual jasa artikel profesional, kita dapat menggunakan email dari gmail.Kita juga dapat mengikuti program reseller yang ditawarkan oleh situs-situs di Indonesia maupun luar negeri yang menyediakan program reseller. Tentu bila kita berhasil menjual sebuah produk maka komisinya sangat besar. Ada yang 50 %, 70 % dll. Pengalaman saya menggunakan produk sendiri melalui gmail juga sangat efektif menolong kita dalam menghasilkan penghasilan tambahan.

2. Blog dengan Platform Blogspot

Kita bisa membuat blog untuk ragam keperluan. Saya biasanya menggunakan blogspot untuk:
1. Membuat Bahan Ajar Online untuk sejumlah materi yang saya ajar.
1.1. Bahan Ajar Entrepreneur 1.2. Bahan Ajar Online Filsafat Ilmu 1.3. Bahan Ajar Metodologi Penelitian 1.4. Tugas TRidarma Perguruan Tinggi: Mengajar, Meneliti dan Mengabdi dan masih banyak lagi yang saya buat dan itu bertebaran di Google. Saya melakukan hal ini dengan filosofi agar mereka yang mencari menemukan apa yang dicari melalui Google. Saya sadar bahwa saya terbatas tetapi melalui blog hasil pikiran saya berkelana ke seluruh dunia. Itulah keefektifan produk google. Selamat menggunakan.
Bila kita tidak punya waktu untuk membuat sebuah blog yang free dari blogspot maka kita dapat menggunakan jasa pembuatan blog profesional. Ada banyak penawaran di internet. Silakan cari dan kontak jasa pembuatan blog profesional untuk membuat sebuah blog. Saya pernah membuat sebuah blog untuk seorang kenalan di Bali. Blog tersebut berisi atau memposting bisnisnya. Ia kemudian membayar saya dengan harga Rp 1 Juta. Ya saya tidak patok karena saya buat untuk saudara teman saya. Jadi, dia iklas memberi kepada saya. Biasanya paling 150 ribu sampai 200 ribu untuk membuat sebuah blog. Sislakan cari saja harga membuat blog di internet. Intinya kita bisa membuat blog untuk memberi penghasilan. Saya tidak sekadar menulis tetapi sudah mengalami bagaimana punya penghasilan dari blog dengan cara menjual produk berupa jasa yang sesuai keahlian yang ada pada kita. Kita mungkin tidur tetapi blog kan tidak tidur, diakses selama 24 jam. Jadi, peluangnya sangat besar. Namun kita harus bersabar dan tidak boleh mental instan. Semua butuh perjuangan. Bisa juga tensi terganggu seperti yang pernah saya alami. Namun hasilnya berbuah manis. Saya dapat orderan walupun tidak terlalu besar tetapi adalah rejeki.

Produk Google sangat melimpah dan kita dapat memanfaatkan produk google dalam dunia pendidikan. Kita kenal ada GoogleEdu, Google Drive, Blogspot, Google Drive, Google Translate dll. Semuanya memanjakan kita dalam mencari informasi dan memposting artikel. Silakan kunjungi Google Pendidikan

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.