Monday, August 6, 2018

Laptop Efektif yang kini sudah senja

ad300
Advertisement
Bahagia, sedih dan kadang lucu membayangkan laptopku yang sudah senja. Usianya sudah tua, hampir 12 tahun berlalu saya menggunakan laptop ini. Namun kini laptop itu sudah tidak berdaya alias sudah patah pada bagian kiri yaitu pada engsel kiri. Bila ditutup dan dibuka juga sangat hati-hati. Kemarin saya bawa ke rumah sakit laptop (Service) namun kondisinya semakin memprihatinkan. Retak yang ada semakin parah. Saya kemudian meminta kepada dokter (petugas service laptop di PGC Cililitan) agar menhentikan pengobatannya atau service karena alaptop gagal jantung, maksudnya alat koneksi ke internet harus diganti tetapi alat ini juga sulit dapat karena laptop ini merek Hp 520 yang onderdilnya suit ditemukan. Beberapa onderdil atau sparepatnya sulit diperoleh lagi, harus cari di laptop merek Hp yang bekas.
Saya kemudian mengambil laptopku yang merek HP itu kemudian ku masukan kedalam tas dan bawa pulang ke rumah.

Saya tidak mau ganti laptop karena laptop ini punya histori tersendiri bagi saya. Histori singkatnya yaitu Laptop ini setia menemani saya dalam perjalanan PP Jakarta Semarang untuk kuliah. Sering berdiri di Kereta Api karena tidak punya tempat duduk. Kondisi padat ini biasanya terjadi pada bulan-bulan menjelang libur. Pernah suatu saat saya naik dari Jati Negara menunju Semarang tidak dapat tempat duduk, saya bersedia naik kereta itu karena keesokannya saya harus kuliah. Kuliah saya tempuh sistemnya adalah off kampus. Kami ada di kampus dalam bulan-bulan tertentu untuk menguikuti kuliha secara penuh. Saya masih ingat kuliah pertama tahun 2008 ke semarang. Saya harus bolak balik Jakarta Semarang untuk kuliah. Saya jalani sampai tahun 2012, kemudian saya minta pindah ke Jakarta dan menyelesaikan studi di Jakarta.

Kisah memiliki laptop ini juga dibilang unik, yaitu sistem kredit. Maksudnya membayar secara mencicil. Harganya kurang lebih 7,5 juta-an. Ada seorang mantan mahasiswa yang karena punya modal yang cukup maka ia membeli laptop dan menawarkan kepada dosen dan staf kantor yang mau punya laptop. Saya termasuk salah satu yang mendaftar tahun 2007 untuk memiliki laptop yang saya miliki sekarang tetapi sudah hampir pasti masuk kamar isolasi, alias tidak mungkin dipakai lagi.


Berdasarkan tampilan gambar di atas nampak bahwa laptop ini sudah sangat tua. Walaupun sudah tua dan sudah patah engsel bagian kiri tetapi masih dapat dipergunakan untuk mengetik beberapa kegiatan saya sebagai seorang pendidik swasta. Saya juga mengerjakan pekerjaan kantor di rumah melalui laptop yang sudah sangat tua. Saya ada komputer di rumah tetapi masih tetap setia menggunakan laptop dengan merek Hp.
Bila ada permintaan mengajar di beberapa tempat maka saya selalu membawa laptop tua ini. Saya dapat katakan bahwa laptop ini dari sisi kualitas sangat baik.
Melalui laptop ini juga saya bekerja secara online untuk mendapatkan penghasilan online. Hasilnya lumayan besar. Penghasilan online ini tentu berhubungan dengan kompetensi yang saya miliki. Saya membuat sebuah produk kemudian bila ada pesanan maka saya kirim kepada yang memesan dan saya dapat pembayaran.

Boleh saya katakan bahwa penghasilan online melalui penawaran produk lebih besar dari pada saya menjadi seorang publisher atau affiliate. Pokoknya laptop ini sangat berarti bagi saya dalam hal kuliah, kerja kantor, mengajar, dan kerja online untuk tambahan penghasilan yang tentu bersifat online. Itulah sebabnya saya sangat cinta pada laptop yang lama ini. Namun saya harus berjuang keras untuk memasukan ke rumah sakit atau tempat service yang terbaik agar laptop saya bisa diganti casing sehingga dapat digunakan sediakala.

Laptop merek Hp punya anakku. Sering saya pakai juga tetapi lebih banyak di laptopku yang sudah sangat renta, tulang-tulangnya sudah rapuh. Bila tidak hati-hati maka akan mengalami patahan-ppatahan pada bagian lain dan akan semakin parah.Suatu saat pasti saya akan menggantinya. Saya harus menggantinya karena:

1. Pekerjaan kantor membutuhkan sebuah laptop yang bisa dipakai di kantor maupun di rumah. Kita tidak mengkin membawa komputer Dekstop ke rumah atau di bawa ke mana-mana. Namun dengan laptop kita bisa lakukan itu.
2. Mengajar. Hampir semua guru maupun dosen menggunakan laptop untuk memberi kuliah, seminar, workshop dll. Ada pula dosen yang tidak afdol kalau mengajar tanpa laptop.

3. Kuliah Program Sarjana. Menjadi mahasiswa program Sarjana tentu butuh laptop. Bagi anak-anak yang masuk kuliah di perguruan Tinggi seperti Sekolah Tinggi, Institut, universitas biasanya meminta orangtua untuk membeli laptop agar laptop dapat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sebagai mahasiswa.
4. Kuliah Program Magister. Para mahasiswa S2 juga membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, penelitian dan lain sebagainya.
5. Kuliah Program Doktor. Mahasiswa program doktoralpun butuh laptop. 6. Penelitian Ilmiah. Siapapun yang mendakan penelitian ilmiah seperti Skripsi, Tesis dan Disertasi harus menggunakan laptop. Laptop tidak dapat diabaikan.
7. Kerja online. Mereka yang kerja online tentu memerlukan laptop untuk menopang aktivitas kerja online. 8. Beasiswa Kuliah. Mereka yang menyediakan beasiswa S1, S2 dan S3 juga memerlukan laptop.

Setiap orang tentu memilih laptop berdasarkan merek yang disukai. Misalnya saya. Saya suka laptop merek Hp, demikian juga anak saya suka laptop merek Hp.
Kami juga memiliki notebook merek Accer. Alat ini kami gunakan untuk kerja di kantor dan juga di rumah

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.