Wednesday, August 15, 2018

Wisuda S1 dan S2 yang Efektif

ad300
Advertisement

Apa itu wisuda S1 dan S2 yang mencapai tujuan?
Efektif wisuda S1 dan S2 adalah harapan mahasiswa yang kuliah selama 4 tahun untuk meraih gelar S1, dan Magister untuk mereka yang studi selama 2 tahun lebih. Saya sengaja menulis dengan memulai pertanyaan ini. Pertanyaan pada awal artikel ini memerlukan jawaban. Oleh karena yang mengajukan pertanyaan adalah saya maka saya mesti memberi jawaban dalam postingan artikel ini. Para pembaca blog! Saya katakan bahwa wisuda ini adalah wisuda yang berhasil mencapai tujuan, khususnya dari pihak saya yaitu apa yang pernah muncul dalam hati dan pikiran saya pada tahun 2015 ketika hadir dalam wisuda pada sekolah yang sama tetapi di gedung wisuda yang berbeda. Begini: waktu itu saya berpikir suatu saat saya memimpin acara wisuda seperti ini dan mengucapkan kata-kata yang biasa dipakai para ketua sekolah tinggi ketika membuka sidang senat terbuka sambil mengetuk palu dan melantik para wisudawan serta menutup acara wisuda.
Waktu itu ketua sekolah mengucapkan kata-kata yang biasanya ia pakai dalam acara pembukaan dan pelantikan serta penutupan wisuda. Namun saya tidak menghfalnya. Ketika tahun 2016 saya dapat kesempatan untuk menjadi pemimpin tapi belum diadakan wisuda, tahun 2017 juga demikian. Artinya karena satu dan lain hal wisuda tertunda. Tahun 2018 yaitu tepatnya 4 Agustus pukul 10.00 dilaksanakan wisuda. Saya datang dengan percaya diri sambil berpikir inovatif dan kreatif untuk apa yang akan saya sampaikan dalam membuka wisuda, pelantikan wisuda dan penutupan wisuda. Untuk bagian ini saya sengaja tidak bertanya pada ketua yang lama. Acara wisuda berlangsung secara baik sampai pada penutupan.

Kemudian yang saya maksudkan dengan judul artikel ini yaitu ucapanku untuk membuka wisuda dan pelantikan wisudawan dan penutupan acara wisuda untuk S1 dan S2 baru berlaku secara efektif pada tanggal 4 Agustus 2018. Saya sangat senang untuk pengalaman ini. Sebuah pengalaman yang tidak pernah saya ambisikan untuk menduduki posisi ini tetapi peluang itu datang kepada saya sesuai visi tahun 2015. Visi dibarisan belakang para pendidik di podium. Kata orang, bila kita menerima sebuah visi dan visi itu berasal dari sang pencipta alam semesta ini yaitu TUHAN maka visi itu cepat atau lambat pasti digenapi. Tentu saya mengaminkan.

Para wisudawan sedang berlutut untuk acara serimonial. Mereka didoakan agar berprestasi dalam pelayanan sebagai pendidik dan pemikir di lembaga di mana mereka berkarya.
Para wisudawan tidak terlalu banyak karena bentuk perguruan tinggi adalah sekolah tinggi dengan status diakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi disingkat BAN PT. Tentu wilayahnya di Indonesia dan di Jakarta.
Dalam acara wisuda ini ada beberapa mahasiswa yang mencapai prestasi yang dibanggakan. Mereka diundang ke depan untuk menerima penghargaan dari sekolah.

Selamat sukses untuk para wisudawan dan wisudawati. Dalam acara wisuda ini dilangsungkan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh salah satu pengajar STT Institut Keguruan SA

Para wisudawan
Para wisudawan sedang mengikuti acara wisuda dan mendengarkan orasi ilmiah. Tema orasi adalah berpresatasi dalam pelayanan. Pelayanan memiliki dimensi yang sangat luas. Di manapun para lulusan ditempatkan dan berkarya, maka disanalah mereka harus berpresatasi. Prestasi akademis telah mereka lewati, kini mereka harus berpresatai dalam karya di masyarakat. Prestasi mereka adalah prestasi Indonesia.

Salam efektivitas
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.