Monday, August 6, 2018

Cara Efektif Bermain Gitar Untuk Kesehatan Jiwa

ad300
Advertisement
Anda pernah mengalami stres? Saya juga mengalaminya, khususnya pada waktu mengerjakan karya Ilmiah (tesis). Pada waktu saya mengerjakan karya ilmiah yang harus saya persiapkan untuk ujian, saya merasa senang karena beberapa tahap seperti proposal berjalan lancar. Saya sudah merampungkan Bab I, II dan III. Jumlah halaman sebanyak 90 halaman. Suatu hari diluar dugaan seluruh halaman tesis terkena firus dan tidak bisa diselamatkan. Waktu itu tahun 2005, di tempat saya kerja belum banyak menggunakan komputer. Intinya saya sempat panik dan mengalami tekanan darah. Saya kemudian berpikir, bila saya mengalah dengan keadaan ini maka saya akan mengalami dampak yang serius yaitu struk. Maka saya berusaha rileks. Caranya perhatikan dalam judul artikel yang akan saya rinci berikut ini.

1. Ambil gitar dan main dengan cara petikan. Saya mengambil gitar kemudian memainkan instrumentalia untuk beberapa lagu, sambil saya menenangkan pikiran saya dan ternyata itu sangat baik buat pikiran saya yang stres.
2. Usahakkan bermain dengan cara yang paling disukai. Saya paling suka bermain gitar dengan cara petikan dengan tiga jari.Jari telunjuk pada tali gitar ke tiga dan kedua jari manis pada posisi tali kedua, dan jari manis pada posisi tali gitar no. 1 dari bawah. Jika bila bermain dengan model ini maka iramanya tentu berbeda dengan yang lain. Dari irama inilah memberi efek pada ransangan otak, tentunya menentrampkan.

3. Cara posisi duduk yang paling idelal dan main gitar dengan cara memetik.
4. Bila hendak bernyanyi bernyanyilah untuk diri sendiri. Jangan lagu yang sedih tetapi cari lagu yang memberi inspirasi.

Setelah itu berjalan jalan di taman atau duduk sejenak dibawah pohon. Bila tidak ada pohon cari tempat tempat yang menyejukkan (yang ada AC) seperti di Mall. Ingat kita hanya refres pikiran kita. Bila sudah freskembali lagi melanjutkan mengerjakan karya ilmiah dengan menaga keseimbangan emosi.

Bila hendak bermain gitar mungkin paling baik kalau pakai gitar merek Yamaha. Jika tida ada maka merek apa saja silakan. Saya hanya suka dengan gitar Yamaha karena sentuhan senar klasik berbeda dengan snar lainnya yang terpasang di sebuah gitar.

Bagaimana dengan mereka yang tidak bisa bermain gitar? Ya silakan cari saja cara lain. Intinya kita ingin agar terhindar dari stres yang berdampak buruk terhadap diri kita. Ada banyak cara untuk membuat stress kita teratasi. Stres dalam konteks kehilangan bahan di komputer. Setelah kita mendapat pemenuhan kebutuhan dalam jiwa kita dengan cara yang kita lakukan maka mulailah mengetik ulang bahan yang masih kita ingat. Bila sudah lupa maka baca ulang buku sumber dan kerjakan kembali dengan semangat yang baru. Pastiberhasil.

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.