Monday, August 13, 2018

7 Efektivitas Sumber Belajar

ad300
Advertisement
Apa itu sumber belajar dan 7 efektivitas sumber belajar ?
Kita akan mendapat jawaban melalui artikel singakt berikut ini. Untuk itu para pembaca diharapkan membaca dengan cermat, khususnya bagi pendidik. Dikatakan demikian karena kita yang berada dalam pekerjaan sebagai pendidik profesional mesti memahami dan memanfaatkan sumber belajar yang relevan sehingga memudahkan terjadinya belajar dalam diri peserta didik. Untuk itu silakan ikuti artikel berikut ini.


Belajar adalah pengalaman langsung dan tidak langsung. Yang saya maksudkan dengan penalaman disini yaitu perubahan yang terjadi dalam diri peserta didik. Perubahan itu menurut taksonomi Benyamin Bloom S. Bloom terdiri dari: perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik. Jadi, belajar adalah proses peruhan dalam tiga ranah peserta didik. Untuk mewujudkan perubahan itu, peserta didik atau manusia muda perlu berinteraksi secara edukatif dengan aspek-aspek dari dimensi ekstrenal peserta didik. Salah satunya yaitu sumber-sumber belajar. Sumber belajar adalah tempat atau media dimana seseorang mendapat pesan/informasi/bahan/materi ajar yang memberi manfaat bagi diri peserta didik.
Bila kita melihat dari sisi definisi, sumber belajar dapat dapat didefinisikan dalam beberapa pengertian. Misalnya menurut Ahmat Rohani (2014:102)sumber belajar adalah segala macam sumber yang ada di luar diri seseorang dan yang memungkinkan atau memudahkan terjadinya proses belajar.

Dalam teori motivasi, ada dua motivasi yang mempengaruhi diri peserta didik dalam belajar. Dua motivasi itu yakni: (1) Motivasi instrinsik, dan (2) Motivasi Ekstrinsik. Motivasi ekstrinsik adalah motivasi belajar yang disebabkan oleh faktor-faktor di luar diri seseorang sehingga mendorong seseorang untuk belajar. Itulah sebabnya sumber belajar itu sedemikian penting. Dikakan penting karena memberi dorongan kepada peserta didik untuk belajar. Salah satu aspek luar yang memberdayakan peserta didik untuk belajar adalah faktor eksternal. Faktor eksternal yang dimaksud disini yaitu guru yang mengajar dengan cara yang menarik perhatian, lingkungan atau ruang belajar yang nyaman bagi peserta didik, dan salah satunya yaitu sumber belajar.

Sumber belajar itu mempengaruhi motivasi peserta didik dalam belajar. Itulah sebabnya kini kita mau membicarakan tentang 7 efektivitas sumber belajar. Kita juga dapat menyebutnya dengan manfaat atau kegunaan sumber belajar. Dalam teori sumber belajar, kita kenal ada 7 manfaat sumber belajar (Rohani, 2014:103), yaitu:

1. Sumber belajar (orang, benda, bahan cetak) online bermanfaat untuk member pengalaman belajar secara langsung dan konkrit kepada peserta didik. Bagian ini dapat disebut sumber belajar langsung (pengalaman belajar langsung)
2. Sumber belajar bermanfaat untuk menyajikan sesuatu yang tidak mungkin diadakan, dikunjungi, atau dilihat secara langsung dan konkrit. Biasanya ditampilkan dalam gambar, video, film, majalah dll. Dalam teori belajar bagian ini disebut pengalaman belajar tidak langsung. Disebut pengalaman belajar tidak langsung karena peserta didik mendapat informasi melalui sebuah media yang member informasi tentang sebuah informasi edukatif.
3. Sumber belajar bermanfaat untuk memberikan pemahaman yang luas tentang bahan ajar yang ada atau diberikan di kelas
4. Sumber belajar bermanfaat untuk memberi informasi yang akurat dan terbaru. Bagian ini kita dapat temukan dalam majalah yang biasanya terbit secara berkala, selain itu buku-buku teks maupun bahan ajar yang biasanya direvisi setiap 5 tahun. Revisi ini bermaksud untuk informasi yang lebih mutakhir.
5. Sumber belajar berguna untuk mengatasi masalah pendidikan. Misalnya factor jarak/tempat tinggal. Kuliah e-learning dapat menolong mereka yang tinggal di tempat yang jauh tetapi ingin menyelesaikan studi jenjang S1, S2 dan S3 dapat juga menempuh program pendidikan e-learning. Namun program ini mesti ada regulasi oleh pihak berwewenang. Misalnya perlu ada akreditasi untuk e-learning sehingga mutu atau kualitas terjaga dan tamatannyapun dapat diakui, khususnya ijazahnya dapat dipergunakan karena diakui pemerintah. Untuk itu kalau ada perguruan tinggi yang menyelenggarakan e-learning maka perlu dicek statuts akreditasinya sebelum mengikuti program e-learning. Di Indonesia kita memiliki Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau disingkat BAN PT

6.Sumber belajar berguna untuk memotivasi peserta didik dalam belajar secara mandiri 7. Sumber belajar dapat berguna untuk merangsang daya berpikir, bersikap dan berkembang lebih lanjut. Belajar melalui sumber belajar membat peserta didik untuk menganalisis setiap materi yang ada dalam sumber belajar yang dijumpai.
Demikian 7 Sumber belajar yang dinilai member manfaat dalam mewujudkan efektivitas pembelajaran yaitu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam setiap materi ajar yang diajarkan di SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan tinggi: Universitas, Institut, Sekolah Tinggi., dan Akademi

Para blogger Pendidikan juga terlibat atau berperan dalam menyediakan sumber belajar online. Sumber belajar online oleh para blogger dalam dunia pendidikan dapat disiapkan dalam dua jenis, yaitu: (1) para blogger yang mempersiapkan blog untuk menjadi sumber belajar yang direncanakan. Bagian ini berkaitan dengan blog yang khusus disiapkan untuk materi ajar yang akan kita sampaikan kepada peserta didik di kelas maupun ruang kuliah.

Bila kita mempersiapkan blog yang khusus dijadikan sebagai sumber belajar. Misalnya kita mengajar Teknologi dan Media Pembelajaran maka buatlah blog khusus tentang Teknologi dan Media Pembelajaran. Dalam blog ini kita posting hal-hal yang penting dalam materi Teknologi dan Media Pembelajaran. Misalnya kita posting “Kompetensi Inti”. Buatlah rumusan kompetensi Inti Mata Kuliah ini kemudian posting di satu laman, kemudian buat tombol navigasi tentang Kompetensi Inti. Demikian seterusnya untuk Kompetensi Dasar, Indikator dan Materi Ajar. Bila teman-teman kuatir materi akan salah digunakan maka posting saja hal-hal pokok dalam blog tentang materi ajar.

Pengalaman saya demikian: Saya membuat blog khusus untuk setiap mata pelajaran yang saya asuh di tempat di mana saya melakukan tugas mendidik. Karena dulu saya mendapat pelatihan AA dengan nuansa Kurikulum Bebasis Kompetensi maka saya buat dalam blog saya tentang Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan pengalaman belajar serta materi ajar.
Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.