Thursday, August 2, 2018

Burung Nuri yang Efektif

ad300
Advertisement
Melihat burung nuri memang pemandangan yang menyenangkan. Apalagi memelihara burung Nuri. Untuk memelihara burung Nuri, maka manusia harus menangkapnya. Cara menangkappun berbeda-beda. Ada cara menangkap burung nuri ala Indonesia Timur seperti Papua, Ambon, NTT dan wilayah-wilayah lain di Indonesia. Sewaktu saya masih di SD, kami punya cara menangkap burung nuri. Cara itu efektif untuk mendapatkan burung nuri yang diidamkan. Burung Nuri biasanya terbang secara bergerombolan dari satu tempat ke tempat yang lain. Tempat di mana burung Nuri terbang secara kelompok ke tempat yang terdapat pohon-pohon yang pada musim tertentu mengeluarkan bunga dan memiliki madu di dalam bunga tersebut. Bunga inilah yang dicari burung nuri. Bunga itu tentu berasal dari salah satu pohon yang tingginya lumayan. Ada yang setinggi pohon mangga. Pohon-pohon ini punya cabang dan ranting. Pohon ini mudah patah, oleh karena itu kami harus berhati-hati waktu memanjatnya.

Cara Menangkap

Kami membuat getah untuk menangkap burung nuri. Getak itu kami ambil dengan cara melukai pohon sukun, getah dari pohon sukun kemudian dikumpulkan. Setelah banyak, getah tersebut dicampur dengan kenari kemudian dikunya sampai lembut seperti mengunyah gula karet. Selain itu getah juga dapat diambil dari pohon nangka. Caranya sama. Kemudian getah yang sudah dikunyah bersama kenari dioleh pada dahan pohon yang mengeluarkan bunga, setelah itu kami menunggu di sekitar pohon. Namun harus diupayakan demikian sehingga tidak terlihat burung nuri. Burung nuri sangat sensitif, bila melihat manusia maka langsung terbang.
Pemasangan getah tersebut dilakukan pagi hari sebelum burung nuri terbang secara berkelompok pada waktu matahari terbit.Kami kemudian menunggu, bila ada burung nuri yang mengisap madu bunga dimana getah dipasang maka burung tersebut terperangkap dengan getah pada kakinya. Nuri walaupun berusaha untuk terbang tetapi getah pada kaki demikian kuat. Kami kemudian berusaha memanjat pohon dan menangkap burung tersebut. Hasilnya kami pelihara atau bisa juga dijual pada orang lain, yaitu para pegang.

Lalu efektifnya burung nuri itu ada dimana, kita membahasnya lebih lanjut.
Burung nuri yang efektif adalah burung nuri yang memberi suasana hati menyenangkan. Bila kami menangkap burung nuri maka hati sangat gembira. Burung Nuri yang efektif juga terletak pada suara burung nuri, suara burung nuri berbeda dengan burung lain. Tentunya suara burung nuri efektif memberi kesenangan dalam hati. Efektifitas burung nuri juga terletak pada warna bulu yang ada pada burung nuri. Selain itu burung nuri yang efektif adalah burung nuri yang dapat dilatih untuk berbicara.

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.