Thursday, August 9, 2018

Cara Efektif Menerjemahkan Pesan di Email Gmail

ad300
Advertisement
Anda mencari informasi tentang apa saja produk Google? Temukan dalam uraian Cara Efektif Menerjemahkan Pesan di Email Gmail.
Semua orang yang menginginkan memiliki email dari gmail.com dapat membuat akun gmail dengan mudah. Setelah memiliki email, kita dapat menggunakan untuk beragam keperluan seperti:
1. Menulis surat elektronik (email)
Melalui akun email dari gmail yang kita punya, kita dapat mengirim surat kepada keluarga dan kenalan atau orang lain, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Bila kita menulis surat kepada kenalan kita di luar negeri maka kita dapat menggunakan bahasa Inggris atau bahasa negara dari kenalan yang kepadanya kita kirim surat secara elektronik. Kita bisa menulis dalam bahasa Rumania, Rusia dan Spanyol, Belanda.Bahasa Yunani, dan Bahasa Ibrani. Di Gmail tersedia fasilitas terjemahan pesan.

2. Menerima email

Selain kita mengirim surat melalui email, kita juga dapat menerima pesan dari orang lain melalui email yang kita miliki. Sering kita menerima email dalam bahasa Indonesia tetapi juga dalam bahasa yang dipakai di negara lain, seperti:

Bahasa Inggris (Bahasa Internassional)

Negara yang menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari yaitu Amerika, Inggris, Canada dan lain-lain. Selain itu karena bahasa Inggris telah menjadi bahasa Internasinal maka siapa saja yang hendak berkomunikasi dengan orang lain di negara lain dapat menggunakan bahasa Inggris. Itulah sebabnya sering mereka yang memiliki email mendapat pesan dari orang lain dalam bahasa Inggris. Sering pesan yang masuk ke email kita yaitu informasi tentang bisnis online, iklan promosi produk, dll. Pesan dalam bahasa Inggris yang masuk ke email akan sangat mudah dipahami oleh mereka yang sudah paham bahasa Inggris maka tidak menjadi masalah. Namun bagi mereka yang belum fasih atau masih belum paham bahasa Inggris dapat mengatasinya dengan salah satu cara yang efektif yaitu dengan menggunakan tools yang ada di gmail. Nama tools itu yakni terjemahan pesan. Caranya kita tinggal klik terjemahan pesan maka akan muncul isi email dalam bahasa Indonesia.
Dalam terjemahan pesan itu ada beragam bahasa yang digunakan di dunia. Sudah tersedia dalam kotak Deteksi Bahasa. Posisinya ada di bagian kanan. Ketika kita klik maka akan muncul jendela pop up (kotak segi empat melayang) di dalamnya tersedia pilihan bahasa. Bila dalam bahasa Inggris maka kita pilih terjemahan Inggris ke Indonesia. Jika dalam bahasa Arab maka kita pilih terjemahan dalam bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Demikian seterusnya untuk bahasa lain. Pokoknya Google telah mengatasi masalah kesulitan memahamai bahasa lain dengan fasilitas terjemahan pesan.
Google telah membuat pesan masuk dalam bahasa lain untuk dimengerti penerima pesan dalam fasilitas terjemahan pesan. Kita tidak perlu susah mencari bahasa untuk diterjemahkan dalam bahasa Indonesia karena begitu kita membuka email dan pesan masuk dalam bahasa bukan bahasa Indonesia misalnya dalam bahasa Rusia maka begitu kita klik pesan maka otomatis muncul bahasa Rusia dalam kotak Deteksi Bahasa, kita tinggal klik terjemahan pesan maka pesan yang dalam bahasa Rusia berubah ke bahasa Indonesia dan kita mulai membacanya untuk mendapat maksud pesan tersebut.
Jadi, fasilitas terjemahan pesan yang ada dalam gmail adalah produk milik Google. Google begitu inovatif dan kreatif mencipatakan sesuatu yang bermanfaat untuk semua orang di seluruh dunia. Ingat fasilitas terjemahan pesan adalah salah satu produk dan bukan satu-satunya produk google. Produk google sangat banyak. Ada yang bertahan dan terus ditingkatkan seperti gmail tetapi ada pula yang gagal dan akhirnya ditutup. Produk google yang ditutup itu antara lain:
Pertama, iGoogle. produk yang disebut dengan sebutan iGoogle. Produk ini dimulai tahun 2005 dan ditutup tahun 2013
Kedua, Google Reader.Produk ini dimulai tahun 2003 dan ditutup tahun 2013
Ketiga, Google Wafe. Produk ini diliris tahun 2009 namun ditutup pada tahun 2012
Keempat, Jaiku.Produk ini dimulai tahun 2006 dan diakuisisi oleh Google tahun 2007. Namun 6 tahun kemudian ditutup (2012)
Kelima, Google Health. Dimulai 2008 dan ditutup tahun 2012
Keenam, Google Buzz. Dimulai 2010 dan ditutup 2011
Ketujuh, Google Print Ads dan Google Audio Ads. Produk ini dimulai tahun 2007 dan ditutup tahun 2009
Kedelapan, Dodgeball. Produk ini dimulai 2005 dan ditutup tahun 2009
Kesembilan, Google Lively. Dimulai pada bulan Juli 2008 dan ditutup pada bulan Desember 2008
Kesepuluh, Google Answers. Produk ini dimulai pada tahun 2002 dan ditutup pada tahun 2006
Beberpa produk di atas adalah produk yang pernah dimiliki/diakuisisi oleh Google namun prospeknya kurang cerah maka google menutupnya. Google sangat berani mengakuisis sebuah produk untuk menjadi miliknya namun ketika itu tidak banyak diminati masyarakat dunia maka googlepun berani menutupnya dan memulai inovasi dan kreativitas baru. Penjelasan tentang alas an penutupan 10 produk google di atas dapat dibaca di tahupedia

Berdasarkan uraian di atas, saya ingin mempertegas pesan artikel ini tentang cara efektif menerjemahkan pesan dalam bahasa Inggris ataupun bahasa lain ke bahasa Indonesia dalam email gmail dengan menggunakan fasilitas yang sudah familiar yaitu: Terjemahkan Pesan". Terjemahaman pesan dalam laman gmail adalah bagian dari Produk Google.

Tentu google memiliki produk-produk yang sangat laris digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia, namun google juga bersedia menutup produk-produk yang kurang punya prospek cerah. Intinya Google pintar membaca perkembangan dunia.
Email Gmail misalnya sangat digemari dan bertaahan bahkan disukai oleh setiap orang dari kalangan usia manapun. Email ini telah dipakai dan sedang dan akan dipergunakan oleh setiap orang, kelompok organisasi dalam menopang aktivitasnya.

Saya pun sejak mengenal email dari gamil terus bertahan menggunakan gmail dalam setiap aktivitasku. Bahkan melalui gmail, saya bisa menggunakan untuk mendapat penghasilan online. Pokok ini akan dibahas tersendiri.
Akhirnya Cara efektif menerjemhkan pesan adalah dengan menggunakan fasilitas ini di gmail untuk menterjemahkan setiap pesan dalam email yang dikirim ke kita dalam bahasa luar negeri (bukan bahasa Indonesia)

Demikian kicauan aku tentang topik artikel yang membahas salah satu produk Google.

TUHAN memberkati kita semua
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.