Tuesday, August 14, 2018

Cabe Toraja yang Efektif Berbuah

ad300
Advertisement
Beberapa waktu yang lalu istriku menanam bibit Cabe dari Toraja yang diberikan oleh seorang teman yang asalnya dari Toraja. Teman ini mendapat kiriman bibit Cabe dari keluarganya di Toraja. Isteriku selanjutnya menanam di pot kemudian di letakkan di teras rumah. Hasilnya Cabeh Toraja tumbuh dan menghasilkan buah. Buah cabe Toraja juga unik.


Pohon Cabe Toraja sebagaimana yang nampak pada gambar di atas belum banyak menghasilkan buah tetapi paling tidak ada hasilnya, yaitu berbuah. Buah ini juga tentu melalui usaha yang cukup dari isteri saya. Ia bertanya kepada group pecinta tanaman Cabe kemudian mendapat informasi bagaimana merawat pohon Cabe sampai menghasilkan buah. Jadi, walau buahnya masih satu tetapi buah ini melalui usaha pemeliharaan terhadap pohon Cabe Toraja. Lengkapnya pohon Cabe Toraja seperti ini.

Bila tanaman-tanaman Pohon Cabe seperti Cabe Toraja ditempatkan dalam pot kemudian di letakkan di depan rumah atau di pekarangan rumah maka tumbuhan pohon cabe akan memberi kontribusi kesejukan kepada penghuni rumah. Jika tidak percaya silakan di coba.
Isteriku menanam 9 pohon tetapi beberapa pohon gagal berbuah. Penyebabnya yakni kurang diberi pupuk KoHek (kotoran Hewan. Informasi ini diperoleh dari group belajar berkebun denganbarang bekas.

Saya teringat di kampung halaman. Di daerah saya ada cabe rawit yang dimakan oleh burung dan bila kotorang burung yang tercampur dengan biji cabe rawit itu jatuh ke tanah dan tumbuh maka Cabe tersebut akan tumbuh secara baik di hutan dan akan memberikan buah Cabe rawit yang sangat banyak dan kualitas pedasnya sangat berbeda dengan yang ditanam manusia. Biasanya rasa pedan akan sangat meningkat dengan yang ditanam oleh manusia. Artinya Cabe rawit hasil dari kotaran burung yang jatuh ke tanah dan tumbuh serta menghasilkan buah maka rasa pedasnya dua kali lipat dari pedan biasanya. Dengan kata lain sangat pedas. Orang-orangtua sangat suka kualitas cabe demikian.

Seiring dengan perkembangan zaman, cabe diproduksi lagi menjadi saos cabe dan sambal cabe yang setia menemani masakan dan hidangan makanan di berbagai tempat seperti di restoran, rumah makan, di hanamasa, rumah makan Jepang, rumah makan korea dll. Tentu cabe juga diolah menjadi oleh-oleh daerah seperti: Toraja, Ujung Pandang, Timika, Surabaya, Kupang, Balikpapan, Bandar Lampung, Medan, Batam, Cilacap, Bontang, Manado, Siau, Sangir, Sumba, Flores, Kalabahi-Alor, Alor Timur, Peitoko, Mazmur, Langkuru, Mademang, Akawera, Lilamana, Mampir, Belekuru, langkuru dll.Jadi cabe juga membuka peluang untuk menjadi oleh-oleh Nusantara.
Semoga terinspirasi
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.