Wednesday, August 15, 2018

Efektivitas Google Drive bagi Pendidik

ad300
Advertisement
Siapakah Pendidik dan ada apa dengan Google Drive?
Salah satu efektivitas pendidik adalah memiliki bahan ajar untuk siap disampaikan kepada peserta didik. Pendidik yang saya maksudkan disini yaitu Guru SD, SMP, SMA/SMK, dan Dosen. Mereka ini adalah pendidik formal yang mengajar peserta didik berdasarkan disiplin ilmu yanag menjadi konsentrasinya. Misalnya guru yang menyeesaikan studi bahasa Inggris di Universitas atau Sekolah Tinggi Bahasa Asing pada level S1 mengajar di satuan pendidikan dengan Mata Pelajaran Bahasa Inggri, sementara yang menyelsaikan Magister dapat mengajar bahasa Inggris di Perguruan Tinggi seperti: Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik. Para guru dan dosen seperti ini tentu memiliki bahan ajar dalam bentuk word atau powerpoint. Kadang diprint dalam bentuk materi ajar dan dibagikan kepada peserta didik, kadang juga data disimpan dalam flashdisk untuk kemudian di gunakan pada waktu mengajar, ada pula yang tersimpan dalam laptop guru atau dosen sehingga memudahkan untuk mengajar. Namun apa jadinya kalau bahan yang tersimpan dalam flashdisk dan laptop terkena virus dan hilang. Biasanya ini sangat mengganggu guru maupun dosen. Oleh karena itu ada salah satu produk google yang bisa kita pakai yaitu "Google Drive". Lalu apa efektivitas dari Google Drive bagi seorang guru dan dosen? Mari kita bahas satu per satu.

Beberapa efektivitas dari google drive bagi seorang pendidik yaitu:

1. Menyimpan File.

Google Drive menolong para guru dan dosen untuk menyimpan file yang berisi materi pelajaran/materi kuliah di Google Drive. Kita tidak perlu repot-repot membawa diktat atau materi ajar dalam bentuk prinnan ke sekolah/tempat kuliah karena kita sudah menyimpannya di Google Drive. GD (google drive) begitu praktis digunakan karena sudah menyatu dengan email dari gmail yang kita miliki. Kalau belum silakan buat email dengan platform gmail.
Materi yang tersimpan di GD kita dapat gunakan di mana saja dan kapan saja. Materi kita tidak akan terkena virus. Bila bahan kita sudah ada di google drive maka kita cukup datang ke kelas atau ruang kuliah dan mengajar dengan membuka file di email dan dikoneksikan dengan laptop yang sudah terhubung dengan infokus.
Data yang kita simpan bisa berbentuk word, powerpoin, foto dan lain. Asal jangan ikan karena tidak ada kolam dalam google drive. Kalau foto ikan bisa dimasukan atau disimpan di GD. Bila kita perlu ikan untuk dijadikan sebagai media pembelajaran maka kita tinggal buka di GD.

2. Akses file.

Sebenarnya di point 1 saya sudah menjelaskan beberapa hal yang berkenan dengan akses file. Akses file yang saya maksudkan disini yaitu kita bisa membuka file kita di Google Drive. Misalnya ada yang mengajar beberapa materi pelajaran atau mata kuliah. Semua materi tersebut disimpan di Google Drive. Ketika kita hendak pakai untuk kepentingan mengajar maka kita bisa langsung membuka file dan menggunakannya.

Bila kita punya blog maka kita dapat membuat link khusus untuk memungkinkan kita atau orang lain dapat mengaksesnya melalui link yang kita pasang di blog atau website kita atau sekolah.

3. Bagikan file

Bahan yang kita telah simpan di GD dapat kita bagikan kepada orang lain yang membutuhkan. Caranya bisa melalui blog yaitu dengan cara memasang link di laman blog, membagikan melalui email kepad peserta didik/mahasiswa, teman-teman guru, dosen atau siapa saja yang membutuhkan bahan kita. Kita dapat berbagi file dengan mereka.

Semboyan Google Drive adalah menyimpan, mengakses dan berbagi file.
Bagi teman-teman yang bergerak dalam bisnis sebagai sampingan pekerjaan dapat memanfaatkan fasiitas ini. Ada yang namanya google drive bisnis. Kita dikasih waktu untuk uji coba gratisa, bila cocok maka kita lanjutkan. Kalau mau silakan uji coba google drive
Saya sering menyimpan materi ajar di Google Drive dan menggunakannya ketika saya mengajar di homebase saya maupun di tempat lain. Selain itu saya dapat berbagi file materi ajar dengan teman-teman pendidik yang membutuhkan bahan saya.Selain itu, saya cantumkan dalam link di laman blog sehingga para pengunjung blog yang membutuhkan dapat mengaksesnya dan mendownload materi tersebut.
Sinkatnya Google Drive efektif bagi Guru dan dosen dalam menyimpan file, menggunakan danberbagi file. Inilah salah satu kehebatan google dengan produk-produknya. Ingat kita gunakan barang ini secara free alias tidak bayar. Tetapi kalau mau bayar silakan saja. Mereka yang mau menggunaan free juga silakan.
Kita tidak perlu minder karena menggunakan free. Free disini pada produk yang berkualitas dunia. File kita dapat kita akses di mana saja, di negara mana saja. Di pedalaman atau di kampung sekalipun yang penting ada koneksi internet.

Selamat menyimpan dan menggunakan serta mengirim file dengan Google Drive

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.