Advertisement |
Saya juga sudah menggunakan WP untuk materi ajar saya dalam bidang Colloquium Didacticum Didacticum
Menggunakan wordpress sebagai sumber belajar online tentu sangat efektif menjangkau peserta didik kita dan peserta didik di berbagai kampus yang mempelajari materi yang sama atau ada materi-materi di dalam bahan kita yang dapat dijadikan sebagai sumebr belajar yang berguna untuk pengunjung blog seperti mahasiswa dan lain-lain.
Mari kita gunakan WP sebagai sumber belajar yang efektif
Misalnya kita membuat blog dengan platform Wordpress dan memposting materi kegiatan inti pembelajaran dengan rincian sebagai berikut:
Pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran jigsaw memungkinkan guru melakukan hal-hal berikut:
1) Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5-6 peserta didik. Pilihan peserta didik kedalam kelompok juga mesti bersifat heterogen berdasarkan kemampuan peserta didik
2) Peserta didik membentuk arahan sesuai arahan guru
3) Guru membagikan tugas dan jobsheet kepada setiap anggota kelompok
4) Guru membimbing peserta didik untuk mempelajari materi masing-masing sesuai yang telah ditentukan
5) Guru membimbing peserta didik untuk mempelajari materi masing-masing anggota kelompok
6) Guru membimbing peserta didik untuk mempelajari materi masing-masing sesuai yang telah ditentukan.
7) Guru membimbing peserta didik untuk membentuk kelompok baru atau kelompok ahli berdasarkan materi yang sama membimbing peserta didik untuk memulai diskusi
8) Peserta didik membentuk kelompok baru sesuai arahan guru dan memulai diskusi dengan kelompoknya 9) Peserta didik aktif menyatakan pendapat dalam diskusi bersama
10) Guru memantau dan membimbing masing-masing kelompok ahli
11) Guru membimbing peserta didik untuk kembali ke kelompok awal
12) Guru meminta masing-masing anggota kelompok untuk menjelaskan materi yang telah didiskusikan bersama kelompok ahli kepada aggota kelompok yang lain secara bergantian. 13) Masing-masing anggota kelompok menjelaskan materi yang telah didiskusikan bersama kelompok ahli kepada anggota kelompok yang lain 14) Guru mendorong peserta didik untuk aktif selama proses diskusi bersama kelompok
15) Guru mengulas materi yang telah dipelajari peserta didik secara singkat, menambahkan apabila ada materi yang terlewat
16) Peserta didik memperhatikan penjelasan guru dan mencatat hal yang penting
17) Guru memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya apabila belum memahami materi pelajaran
18) Peserta didik bertanya kepada guru apabila belum paham
19) Guru membagikan lembar tes pilihan ganda kepada peserta didik
20) Peserta didik meyelesaikan tes pilihan ganda tepat waktu
21) Guru mengumpulkan lembar jawaban peserta didik, memberikan penilaian terhadap peserta didik dan memasukan nilai ke dalam daftar nilai
Informasi di atas bila diposting dalam blog wordpress maka telah menjadi sumber belajar online. Bila ada yang mencarinya maka akan menemukan bahan yang kita tampilkan di blog wordpress.
Salam online
0 comments:
Note: Only a member of this blog may post a comment.