Friday, August 17, 2018

Cara efektif Berinternet Eduaktif

ad300
Advertisement
Pengertian Internet Edukatif

Internet Edukatif adalah terkoneksinya komputer kita dengan komputer lain dalam informasi pendidikan. Cara efektif adalah kiat yang berhasil kita pakai untuk menghubungkan komputer kita dengan komputer orang lain dalam berita pendidikan. Pengertian sederhananya yaitu ketika saya mencari informasi tentang salah satu materi pendidikan misalnya matematika gasing kemudian saya temukan di komputer lain melalui komputer atau laptop yang kita miliki. Hal ini dimungkinkan karena internet. Untuk terkoneksi dengan internet maka kita harus pakai alat-alat yang memungkinkan terjadinya koneksi internet dari kompueter yang kita pakai dengan komputer lain.

Alat-alat Internet Eduacatif

1. Modem

Modem adalah salah satu alat yang kita bisa gunakan di komputer atau laptop agar kita bisa terkoneksi dengan internet untuk mencari informasi yang kita perlukan dalam dunia pendidikan. Dalam modem sudah ada kartu pasca bayar. Kita harus mengisi sejumlah pulsa. Misalnya pulsa anlimit. Dengan pulsa anlimit, kita akan pakai modem untuk berinternet selama 1 bulan. Dan seterusnya kita tinggal isi pulsa.
Ada macam-macam kartu pascabayar yang bisa pilih dan gunakan untuk berinternet edukatif. Kartu kartu itu antara lain:

a. Kartu Pakate data internet dari Simpati
b. Kartu paket data internet dari XL
c. Kartu paket data internet dari exis
d. Kartu paket tri
2. Wifi Indihome
3. Wifi Smartfren 4 G
4. Dll

Kartu-kartu tersebut di atas, diluar wifi, kita gunakan sesuai media atau alat yang kita pakai. Bila kita pakai laptop maka ada dua pilihan, yaitu:
a. Menggunakan modem. Bila kita ingin koneksi internet dengan laptop maka kita harus instal modem di laptop kita. Barulah kita mencari di google informasi pendidikan atau materi pendidikan yang kita butuhkan.
Alat ini kita pasang di port laptop sama seperti kita colok flasdisk di laptop. Kelemahan dari modem adalah bila kita gunakan untuk desain blog maka pulsanya dalam hitungan menit cepat habis. Ini berdasarkan pengalaman saya. Namun bila kita hanya gunakan untuk mencari informasi maka ia akan bertahan 1 bulan. Bila kita pakai untuk download materi dari internet maka kuoto di kartu akan cepat habis. Maksudnya pulsa cepat habis.
Kelebihan modem adalah kita bisa bawa kemana saja, modemnya kita bisa masukan di kanton baju atau celana. Tenang saja karena tidak ada koneksi sinyal. Bila terjadi koneksi sinyal maka akan membahayakan atau memalukan. Karena apa saja di kantong akan terekspos ke komputer lain. Ha ha ha .
Saya kira belum ada modem internet demikian. Kalaupun ada modem ini, orang tidak akan naruh di kantong celana ataupun baju, paling disimpan di tas atau modem dibungkus dengan kantong plastik hitam. Jadi tidak ada info yang dikirim keluar karena terhalang kantong plastik hitam.
Cara yang lain yaitu pasang kartu paket data di Hp dan gunakan Hp untuk mencari informasi pendidikan. Rata-rata Hp Android sangat canggih dalam akses internet. Cari hp pintar, seperti Xiaomi, Samsung dan lain-lain.

b. Menggunakan wifi

Penggunaan wifi, khususnya di rumah sangat menolong dalam berinternet. Para orangtua dapat menggunakan wifi di rumah untuk secara efektif mendapatkan data atau informasi yang bersifat edukatif. Informasi ini berguna untuk orang tua dan juga anak. Anak juga dapat melakukan surving di internet dengan menggunakan wifi yang terpasang di rumah untuk mengerjakan tugas ataupun mencari informasi pelajaran yang dipelajari di sekolah. Dengan begitu, anak mandiri mengelola pengalaman belajar. Pengalaman belajar yaitu terjadinya perubahan dalam diri peserta didik. Perubahan yang dimaksud seperti perubahan kognitif (pengetahuan), perubahan afektif (Sikap) dan perubahan psikomotorik (Ketrampilan).
Ada wifi yang sulit dibawa kemana-mana tetapi ada pula wifi yang bisa dibawa ke mana-mana. Wifi ini cocok untuk mereka yang WA, BBM, koneksi internet bisnis atau belajar atau mengajar. Bisa dipakai beberapa orang. Ada informasi bahwa satu buah modem wifi bisa dipakai untuk 20 orang. Saya kira ini bisa dipakai dalam satu kelas yang pesertanya 20 orang peserta didik. Tetapi mungkin loadingnya lemot. Saya belum menggunakannya. Biasanya di satuan pendidikan seperti di SD, SMP dan SMA/SMK sudah ada wifi jadi tidak harus menyediakan modem wifi. Namun bila menyelenggarakan pembelajaran di luar jangkauan wifi sekolah maka kita harus punya modem wifi.
Jenis-jenis Internet Edukatif

Jenis-jenis internet edukatif itu banyak macamnya. Misalnya:

1. EduGoogle

2. Website yang dirancang untuk materi Pendidikan
Kita bisa klasifikasi lagi berdasarkan satuan pendidikan. Misalnya SD, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi

3. Blog dengan topik Pendidikan

Berinternet secara edukatif dapat dilakukan dengan mengunjungi situs-situs atau blog pendidikan, terlebih lagi memanfaatkan google Pendidikan Melalui kegiatan seperti ini berlangsung sebuah proses pembiasaan siafat berinternet secara edukatif. Kebiasaan demikian akan memberi dampak pada prestasi yang pada gilirannya Prestasi untuk Indonesia.

Bicara tentang internet edukatif, kita patut bersyukur karena akses internet dapat kita dapatkan secara mudah. Hal ini terjadi karena sinergitas pemerintah dan perusahan-perusahan yang bergerak dalam bidang teknologi internet. Kini kita dapat berinternet secara baik. Berinternet secara baik juga tidak terjadi secara otomatis tetapi melalui proses pembelajaran. Ketika berselancari di internet, orang tergoda untuk mencari informasi yang kurang terpuji seperti menonton film-film atau gambar-gambar yang fulgar. Jadi, cara efektif berinternet edukatif terus menerus kita kembangkan atau kita tanamkan secara sehat dalam diri kita dan anak-anak kita agar berinternet secara baik.
Mari secara efektif meakukan internet yang positif, salah satunya melalui berinternet edukatif.

Salam Edukasi
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.