Wednesday, August 1, 2018

Efektivitas Google Drive Bagi Guru dan Dosen

ad300
Advertisement
Salah satu produk google yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data yaitu Google Drive. Google Drive mengizinkan pengguna menyimpan data secara gratis sebesar 15 GB dan dapat ditambahkan lagi namun dengan ada pembayaran tertentu. Google Drive memberikan kapasitas gratis sebesar 5 GB, fitur-fitur yang terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Gmail, G+ dan Google Search. Fitur yang bisa digaris bawahi dari Google Drive adalah API’s untuk para Developer (Wikipedia)


1. Menyimpan Bahan Ajar dalam bentuk word

Kita dapat menggunakan Google Drive secara free untuk menyimpan data kita seperti: a. Silabus
b. RPP/RPS
c. Bahan Ajar
d. Foto

Data yang tersimpan di Google Drive dapat kita gunakan kapan saja dan di mana saja. Ini berarti kita tidak harus membawa buku ke mana-mana, cukup bahan yang disimpan di GD (Google Drive). Sering kita yang berprofesi sebagai guru/dosen disibukkan atau dibebankan dengan membawa buku-buku ke ruang kelas, namun dengan google drive kita sudah tertolong. Kita cukup menyimpan bahan ajar kita di GD dan bila kita mengajar kita tinggal membuka email dan mengaksesnya di google drive.

2. Meyimpan Bahan Ajar/Seminar/Workshop dalam bentuk Powerpoint di Google Drive

Saya sering memasukan bahan-bahan seperti Silabus, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) di Google Drive dan ketika saya mengajar maka saya cukup akses internet dan membuka file di Google Drive untuk menggunakan bahan yang sudah tersimpan di Google Drive.

3. Bagi guru dan Dosen yang bertindak sebagai Blogger

Kini banyak guru dan dosen yang memanfaatkan blog sebagai media mempublikasikan eksistensi dirinya sebagai guru dan dosen. Seorang guru dan dosen harus menulis dan mempublikasikan ide-ide melalui media sosial seperti blog, khususnya melalui blog dengan platform Blogspot. Blogspot adalah salah satu produk google yang dapat kita gunakan secara free maupun berbayar. Jika berbayar maka kita cukup mengganti nama domain, sedangkan hosting kita tetap memakai blogspot. Hosting adalah tempat penyimpanan data. Data berupa foto, grafik, word, powerpoint dll. Kita simpan di Google Drive dan dapat diambil link untuk dipasang di laman blog.

Berlanjut
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.