Monday, August 13, 2018

Efektiivitas 6 Jenis Sumber Belajar

ad300
Advertisement
Apakah efektivitas 6 jenias Sumber Belajar itu dan Apakah benar-benar efektif mempengarui belajar? Tentu jawabannya tidak mudah tetapi juga tidak terlalu sulit untuk mewujudkannya. Mengapa demikian? karena semuanya berpulang kepada subjek dan objek sumber belajar itu.

Subjek belajar adalah siapa saja yang melakukan belajar, khususnya belajar formal di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah kejuruan dan Perguruan Tinggi baik berbentuk universitas, Institut, sekolah tinggi, akademi mapun politeknik.Dalam hal ini peserta didik dan guru dapat menjadi subjek belajar. Guru juga tetap belajar dan mengajar. Mengajar yang tidak ada akses belajar akan menjadikan pengetahuan yang sangat sempit. Oleh karena itu guru terus menerus belajar. Demikian pula peserta didik juga harus belajar. Mereka belajar pada banyak sumber termasuk guru menjadi salah satu sumber.
Di atas telah kita nyatakan bahwa guru termasuk salah satu dan bukan satu-satunya sumber belajar. Alasannya nanti kita perhatikan dalam teori klasifikasi sumber belajar.

Sekarang mari kita memperhatikan efektivitas 6 jenis sumber belajar itu.
1. Pesan. Di manapun kita pergi kita selalu mendapat pesan atau informasi. Zaman ini zaman dunia media. Melalui media kita mendapat pesan atau informasi. Pesan atau informasi ini dalam pendidikan kita sebut dengan materi pelajaran atau materi kuliah. Pesan itu ada dalam setiap mata pelajaran atau mata kuliah. Melalui setiap pelajaran atau mata kuliah peserta didik mendapat pesan atau pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang berpengaruh pada diri peserta didik. Melalui mata pelajaran atau mata kuliah yang diajarkan, peserta didik mendapat pesan.
2. Orang. Orang juga dapat dijadikan sebagai sumber belajar karena melalui manusia seperti guru dll bertindak sebagai penyimpan, pengelola, penyaji pesan. Jadi, guru dan dosen serta tutor, peserta didik, tokoh masyarakat, atau orang lain yang berinteraksi dengan peserta didik 3. Bahan. Bahan ajar dalam bentuk transparansi, melalui guru, audio, video, film, buku, modul, majalah adalah sumber belajar dalam kategori atau klasifikasi bahan.
4. Alat. Segala alat yang dapat dipakai untuk menyimpan pesan seperti: proyektor, slide, video, tv, radio dll. Alat-alat ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Alat disini berfungsi sebagai media. Jadi media adalah salah satu sumber belajar.
5. Teknik. Teknik adalah prosedur atau acuan yang disiapkan untuk menggunakan bahan, peralatan, orang, dan lingkungan untuk menyampaikan pesan. Misalnya belajar sendiri, demonstrasi, ceramah, Tanya jawab, dll. (Ahmad Rohani, 2014:103)
6. Lingkungan. Lingkungan yang dimaksud disini yaitu situasi sekitar di mana pesan disampaikan. Contoh Lingkungan fisik seperti gedung sekolah, kampus, perpustakaan, laboratorium, dan lingkungan non fisik seperti: suasana belajar, dll.
Sumber belajar di atas merupakan suatu system atau mata rantai yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Keenam jenis sumber belajar di atas dapat saling mendukung dan mempengaruhi terjadinya belajar dalam diri peserta didik. Suatu hal yang belum diketahui oleh peserta didik mungkin tidak dapat diperoleh dari guru ataupun dosen tetapi dengan berinteraksi atas jenis-jenis sumber belajar maka seorang pelajar memiliki jawaban atas masalah pengetahuan atau ketrampilan yang dihadapinya.
Jadi tercapainya tujuan belajar dalam diri peserta didik dengan 6 jenis sumber belajar di atas memungkinkan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Bila tercapai tujuan maka tercapailah apa yang menjadi tema dalam blog ini. Tema sentral dalam blog ini memerlukan sumber-sumber belajar yang efektif mewujudkan perubahan kognitif dan afektif serta psikomotorik dalam diri peserta didik.

Salam Sumber Belajar
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.