Thursday, August 9, 2018

Gunakan 9 fitur Android P untuk Efektivitas Pembelajaran

ad300
Advertisement
Dalam ranka menarik dan orisinil maka beberapa bagian dari postingan ini saya refisi. Refisi ini dimaksud untuk meningkatkan inovasi dan kreativitas ngeblog dalam rangka "menarik dan orisinil." Memang tidak 100 % orisinil karena apa yang saya pikirkan juga pasti ada dalam pikiran orang lain. Hal ini disebabkan karena manusia adalah makluk rasional. Semakin seseorang menggunakan pikirannya maka ia akan menemukan hal-hal baru tetapi juga sama dengan yang dipikirkan orang lain. Dalam konteks berpikir demikian, pagi ini saya memutuskan untuk membahas Android P dalam gaya tutur tulisan saya. Informasi tentang Andorid P dengan 9 fiitur yang ada pada Android ini tentu saya terima dari membaca informasi di internet, yaitu dari berbagai sumber. Jika ingin mengetahui penjelsan lengkapnya tentang 9 fitur Android P silakan baca di sumber-sumber online yang membahas tentang Produk ini.

Fasilitas yang ada pada Android Pie ada 9 fitur. Fitur-fitur ini dapat digunakan dalam dunia pendidikan. Fitur-fitur yang dimaksud seperti berikut:

1. Smart reply dari notifikasi
2. Model Gelap
3. Simulasi Poni
4. Editing Screenshort
5. Digital wellbeing
6. Lockdown
7. Navigasi berbasis gestur
8. Kunci rotasi
9. Adaptive battery

Penjelasan dari fitur-fitur di atas saya sengaja tidak membahas disini, para pengunjung dapat melihat penjelasan 9 fitur Android P dalam beberapa sumber di Google. Masuk saja ke Google kemudian ketik fitur Android Pie atau Android P maka keluarlah 10 situs teratas google yang membahas tentang salah satu produk google ini.

Kembali pada ide dasar postingan ini, yaitu bagaimana mengaplikasikan 9 fitur di atas dalam efektivitas proses pembelajaran di satuan pendidikan seperti Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan, dan Perguruan Tinggi.

Untuk menerapkan fitur-fitur di atas dalam proses pembelajaran maka perlu memperhatikan fungsi dari fitur-fitur dalam Android Pie. Dengan memahami fitur-fitur tersebut maka para pendidik (Guru, Dosen) dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran.
Semua bertujuan untuk mengefektifkan proses pembelajaran. Dengan kata lain pemanfaatan fitur-fitur yang diusung dalam Android sebagaimana yang dimaksud di atas maka pembelajaran dapat efektif dalam diri peserta didik.

Pemanfaatan fasilitas Android tersebut di atas perlu dilakukan secara baik karena kita sedang berada dalam pengaruh tindakan nunduk yang berlangsung pada semua golongan usia. Gerakan nunduk ini dipengaruhi oleh Hp layar sentuh atau Android. Melalui kehadiran Android, semua sibuk dengan gesek kiri dan kanan, atas dan bawa. Dalam acara apapun selalu ada kecenderungan untuk mengeluarkan Hp Android dari kantong celana maupun baju ataupun di dalam Tas, kemudian mulai dengan gerakan sentuh layar. Jika sudah sentuh layar Hp maka mata dan kepala dalam posisi nunduk ke bawah. Kearah layar Handphone.
Memanfaatkan Android untuk pendidikan berarti menolong peserta didik yang selalu nunduk untuk mendapatkan informasi pendidikan yang diperlukan untuk kehidupan nyata, baik di kantor maupun di masyarakat. Menunduk dalam aktivitas Android P diharapkan bersifat positif dalam dunia pendidikan. Peserta didik dibiasakan menunduk untuk edukasi, bukan menunduk yang tanpa manfaat. Menunduk tanpa manfaat sama saja dengan membuang waktu, uang dan tenaga serta relasi sosial.
Jadi, mari kita mengarahkan pikiran kita secara inovatif dan kreatif dan efektif pada pemanfaatan Android agar efektif dalam dunia pendidikan.

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.