Wednesday, August 8, 2018

Cara Efektif Konvert Foto Ke JPEG dan PNG

ad300
Advertisement
Menyertakan gambar di artikel postingan tentu memiliki keunikan dan fungsi tersendiri. Namun ukuran foto sering mempengaruhi kecepatan loading blog. Bila ukuran foto asli diposting di laman blog dalam jumlah yang banyak maka akan berdampak pada kecepatan blog ketika diakses oleh orang lain maupun oleh pemilik blog. Untuk itu ada cara untuk mengatasi lemotnya loading blog dengan cara memperkecil ukuran foto sampai pada nominal tertentu, bahkan bisa 0 %. Ini berarti foto hasil kompres ini tidak terlalu banyak berpengaruh pada kecepatan kerja blog ketika di klik. Untuk itu setiap foto yang kita ambil sendiri dengan camera Hp maupun dengan camera Tustel perlu dikurangi ukuran aslinya dengan cara convert ke JPEG dan PNG. Gambar yang kita download dari Pixabay juga bisa dikompres ukurannya ke JPEG atau PNG.

Cara Convert Foto ke JPEG
1. Siapkan foto dalam satu folder 2. Silakan masuk ke situs yang menyediakan layanan kompres foto. Di Google ada banyak pilihan tetapi saya sering menggunakan yang ini. 3. Masuk ke Kompres JPEG
4. Klik Unggah File. Anda akan dibawa ke folder untuk memilih foto yang tersimpan di Komputer atau laptop. Oleh karena itu sebelum kita lakukan kompres foto di situs ini, sebaiknya kita siapkan foto yang kita miliki dalam satu folder sehingga memudahkan kita ketika masuk ke situs kompres dan mengklik UNGGAH FILE. Setelah itu pilih foto yang mau dikompres. Silakan pilih paling banyak 20 buah dalam 1 kali kompres. Bila terlalu lama maka cukup pilih lima footo atau kurang dari itu. Maksudnya biar kompres fotonya lebih cepat. Kemudian setelah kompress perhatikan hasil kompres, disarankan dibawah 50. Kalau diatas 50 bila lebih banyak foto yang dimuat dalam setiap artikel maka bebannya terhadap kecepatan loading blog juga terpengaruh. Paling baik kalau 20 sampai 30. Intinya hasil kompres foto ke JPEG sebesar dibawah 50 %. Bila mau mendapatkan hasil yang lebih meringankan maka lakukan 2 kali kompres terhadap foto yang mau disertakan dalam artikel blog. Hasil kompres yang kedua akan menjadi 0%. Cara Convert Foto ke JPEG

Bila kita mengambil/mendownload foto dari Pixabay maka biasanya ada yang dalam bentuk JPEG dan PNG. Namun karena ukurannya besar maka kita kurangi lagi dengan cara komres foto ke PNG. Foto yang dikonversi dalam PNG biasanya tidak dapat dikompres di pilihan JPEG ketika kompres di situs Kompres yang disebutkan di atas. Jadi, bila tidak tampil hasil kompres pada foto yang dikompres maka pilih PNG lalu UNGGUH FILE dan lakukan Kompres dan diyakini pasti berhasil.


Foto di atas saya kompres sebanyak 2 kali dengan menggunakan situs layanan kompres foto ke JPEG. Kemudian ketika saya posting di Blog saya memilih lagi pada ukuran Smal. Kadang juga saya memilih Large. Tapi kali ini saya memilih Smal dengan maksud agar loading blog tetap terjaga kecepatan aksesnya.

Jadi, saya meyakini bahwa cara efektif konvert Foto ke JPEG untuk di muat dalam blog yaitu dengan cara kompres foto di situs layanan Kompres JPEG. Lihat alamat situs di atas. Saya sudah mencoba untuk konvert foto ke JPEG dan PNG secara online melalui situs Kompres JPEG.
Kehadiran layanan konvert ke JPEG dan PNG itu menjawab permasalahan yang dihadapi oleh manusia khususnya mereka yang hobinya membuat blog dan memposting artikel-artikel yang efektif menolong siapa saja warga Indonesia maupun warga luar tentang informasi pendidikan. Berita tentang Pendidikan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah tetapi juga masyarakat, khususnya para Blogger. Para blogger yang menulis topik-topik pendidikan dan memuatnya dalam blog adalah sebuah kegiatan edukasi yang sangat mulia.Kegiatan demikian harus dikembangkan sehingga hal-hal yang baik tidak menjadi hilang.

Semoga menolong para blogger
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.