Friday, August 17, 2018

Efektivitas Tempat Sampah

ad300
Advertisement
Apa dan bagaimana Tempat Sampah?
Efektivitas tempat sampah merupakan artikel yang bersifat edukasi tentang pembuangan sampah. Penulisan penting karena tempat sampat dan pembuangan sampah di tempat sampah merupakan salah satu pokok penting dalam kehidupan masyarakat. Edukasi tersebut dimulai sejak anak berada di rumah, sekolah dan masyarakat. Anak sejak dini diedukasi untuk memiliki karakter membuang sampah pada tempatnya. Bila tidak maka anak memiliki kebiasaan tidak terpuji dalam hal sampah. Kebiasaan buruk itu seperti membuang sampah di jalan, di tempat duduk, di mobil angkutan umum, di kali dan lain sebagainya. Kebiasaan membuang sampah demikian akan berdampak buruk pada perilaku anak dan juga lingkungan. Sampah yang dihasilkan dari aktivitas manusia itu bermacam-macam. Namun pada umumnya dikategorikan dua jenis, yaitu (1) sampak organik dan (2) sampah non organik. Kedua jenis sampah itu kemudian dikelola secara baik melalui tersedianya tempat pembuangan sampah. Biasanya ada dua tempat sampah yang diletakkan secara bersama-sama, posisi tempat sampah itu bisa di depan pintu tetapi juga di halaman, bahkan ada pula dalam ruangan.


EFEKTIVITAS TEMPAT SAMPAH

1. Letak tempat sampah di depan pintu masuk. Letak tempat sampah juga memudahkan dalam membuang sampah. Penempatan ini juga menolong tamu yang berkunjung ke suatu tempat sekperti kantor, sekolah dll. Para tamu tidak harus repot-repot mencari tempat sampah untuk membuang sampah karena tempah sampah terletak di pintu masuk. Letak tempat sampah di depan pintu rumah memudahkan untuk pembuangan sampah. Seperti di kantor di mana saya bekerja, tempat sampah diletakkan di samping kanan pintu masuk gedung kantor.
2. Letak tempat sampah di ruang kantor. Tempat sampah yang diletakkan di dalam ruangan memudahkan kita untuk membuang sampah seperti tisu dan lain-lain. Kita tidak harus melangkah keluar dari ruangan untuk membuang sampah
3. Penempatan tempat sampah terhadap perilaku positif. Dengan adanya tempat sampah yang tersedia di luar ruang kantor dan di dalam ruang kantor membentuk perilaku yang baik dalam mengelola sampah.
4. Membentuk kebiasaan yang baik. Tempat sampah di kantor dan tempat-tempat umum merupakan sarana yang baik untuk pembentukan kebiasaan unggul dalam diri setiap orang peri hal membuang sampah
5. Efektivitas tempat sampah juga menolong seseorang untuk membentuk ketaan seseorang pada aturan.
6. Pemisahan tempat sampah organik dan non organis. Tersedianya tempah sampah organik dan non organik di tempat kerja atau di rumah tinggal akan membentuk kebiasaan membuang sampah sesuai tempat kategori sampah. Sikap demikian bila dibiasakan dalam diri peserta didik maka peserta didik akan memiliki kebiasaan mengelompokkan sampah yang akan dibuang ke tempah sampah. Sampah-sampah itu kemudian dikelola secara baik oleh pemerintah atau pribadi-pribadi yang telah memikirkan temuan-temuan baru untuk mengolah sampah menjadi sesuatu yang benrmanfaat bagi kehidupan manusia. Dalam pendidikan formal, khususnya pada satuan pendidikan SD, SMP dan SMA/SMK telah diberlakukan kurikulum 2013 maupun KKNI yang berorientasi pada pembentukan karaktyer dan kompetensi. Pemisahan sampah sesuai kategori dan pembuangaanya ke tempah samah merupakan bagian dari pembentukan karakter.
7. Pembentukan kebiasaan. Pembuang sampah pada tempat yang sudah tersedia atau pada tempat yang tepat maka hal itu akan membentuk sebuah karakter positif dalam diri seseorang. Pembentukan kebiasaan itu dimulai secara dini dalam diri manusia muda dalam membentuk sikap yang baik. Kebiasaan yang baik juga dilakukan oleh manusia tua. perlu juga memupuk sikap yang baik dalam hal mengelo sampah sehingga menjadi sesuatu yang berguna.
Jadi, efektivitas tempat sampah terletak pada bagaimana menempatkan tempat sampah dan bagaimana reaksi manusia dalam membiasakan diri membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan baik di rumah, kantor, sekolah, perusahan dll.

Salam
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.