Tuesday, August 14, 2018

Efektivitas Blogspot sebagai Media Proses Pembelajaran

ad300
Advertisement
Apakah Blogspot dapat dipakai dalam proses pembelajaran?

Lalu efektivitas blogspot sebagai media pembelajaran terletak di mana? Belajar adalah perubahan pengalaman. Pengalaman itu tentu berbeda-beda. Ada pengalaman belajar (perubahan kognitif, afektif dan psikomotorik) dalam diri peserta didik tentang materi yang dipelajari yang terjadi secara langsung maupun secara tidak langsung. Dalam hal ini tidak semua pengalaman belajar pada diri peserta didik yang dapat terjadi secara langsung. Ada peserta didik yang dalam kasus tertentu belum punya pengalaman tentang objek yang dipelajari sementara yang lain sudah memiliki pengalaman langsung tentang objek yang dipelajari. Misalnya pengalaman anak tentang objek wisata Ancon, ada peserta didik yang sudah mempunyai pengalaman langsung, sedangkan yang lain belum pernah ke Ancol. Mereka yang belum pernah ke Ancol atau taman bunga di daerah Cibodas hanya menyaksikan melalui gambar atau foto baik yang visual diam atau bergerak. Disinilah diperlukan media Pembelajaran. Media pembelajaran berfungsi menjadi sarana pembelajaran tidak langsung kepada peserta didik atas objek-objek tertentu dari materi pelajaran yang disajikan sebagai pengalaman belajar peserta didik.
Dalam dunia pendidikan ada banyak alat yang dapat dijadikan sebagai Media Pembelajaran. Salah satunya yaitu blogspot. Awalnya blogspot dijadikan sebagai media informasi yang bersifat pribadi atau 'diary' tetapi kemudian dalam perkembangannya blogspot dapat digunakan untuk beragam keperluan. Salah satunya yaitu dipakai untuk pendidikan.

Beberapa tahun yang lalu saya memanfaatkan blog sebagai bahan ajar online. Setiap materi ajar saya diposting di blog. Saya mulai menata blogspot secara baik dengan sistaatika sebagai berikut.

Membuat email khusus dari gmail untuk membuat blog
Membuat blog dari platform blogspot (free) Menata template blog:
Bagian ini terdiri dari dua usaha, yaitu:
1. Menata tata letak blog dengan template blog dari blogspot
Ada banyak template yang disediakan oleh blogspot. Kita dapat memilih sesuai salera kita
Kemudian memposting materi ajar/bahan ajar
Caranya:
Perhatikan kurikulum yang digunakan. Bila mengunakan K2013 maka itu berarti pelajaran di SD, SMP, SMA
Buat Kompetensi Inti dan posting di laman blog setelah itu buat tombol navigasi "Kompetensi Inti"
Lakukan hal yang sama untuk Kompetensi Dasar, Capaian Pembelajaran, Indikator dan lain-lain sesuai Silabus dan RPS berbasis K2013. Lalu posting. Setelah semuanya diposting, buatlah tombol navigasi yang memudahkan pengunjung untuk mencari informasi dengan cara klik pada tombol navigasi.
Kemudian catat link weblog dan bagikan kepada peserta didik dan mulailah proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan infokus. Usahakan laptop terkoneksi wifi sekolah. Lalu buka blog Anda dan mulailah pembelajaran di sekolah.
Jika peserta didik membawa hp Android maka pembelajaran dapat dilakukan dengan berbasis Android. Namun harus dikontrol sehingga anak tidak salah gunakan Hp Android di kelas ketika sedang belajar. Namun hal ini harus disepakati dengan peserta didik dan bila perlu dengan ketua/rektor/kepala sekolah. 2. Menata tata letak blog dengan template blog pihak ketiga
Bila mau agar tampilan blog lebih profesional maka pakailah template pihak ketiga. Seperti template pada blog ini. Tombol navigasinya sudah ada kita tinggal membuat postingan kemudian menata tombol sesuai keperluan belajar.

Pemanfaatan blog dalam proses pembelajaran tentu efektif menunjang proses belajar -mengajar.

Semoga bermanfaat
Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 comments:

Note: Only a member of this blog may post a comment.